Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 19 Feb 2019 12:13 WIB

Tol Trans Jawa Mahal? Jasa Marga: Tarif Tak Buat Kita Untung

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Tol Trans Jawa/Foto: Rifkianto Nugroho Tol Trans Jawa/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta - Mahalnya tarif Tol Trans Jawa sempat jadi sorotan beberapa waktu lalu. PT Jasa Marga (Persero) Tbk mengaku tak mengambil keuntungan dari tarif Trans Jawa yang dinilai mahal itu.

"Tarif sekarang tidak buat kita untung. Bertahan saja berat. Ini memang short term, nature of business," kata Direktur Keuangan Jasa Marga Donny Arsal dalam seminar di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Selasa (19/2/2019).


Donny memaparkan, bahwa penentuan tarif tol dilakukan berdasarkan tiga aspek, yakni biaya konstruksi, kemampuan membayar (willingness to pay) dan manfaat yang diberikan.

Selain itu, Donny juga mengatakan bahwa biaya pembangunan memerlukan investasi yang tak sedikit nilainya. Bahkan, kata dia, modal yang dikeluarkan perusahaan baru bisa kembali 50 tahun kemudian.

"Kita tidak menikmati, karena 50 tahun lagi duit kita kembali. Kita ini investasi buat cucu, bukan anak," kata Donny.


Ditambah lagi, jelas Donny, ada perhitungan bunga pinjaman untuk pembangunan yang setiap tahunnya dibayar oleh perusahaan.

"Kita berusaha survive melewati negative cashflow. Jangan dipikir kita di tahun awal sudah untung. Jasa Marga itu 18 ruas langsung beroperasi loh," katanya.


Saksikan juga video 'Tol Trans Jawa Dinilai Mahal, JK: Semua Ada Harganya':

[Gambas:Video 20detik]

(fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed