Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 23 Feb 2019 12:08 WIB

Timses Prabowo Beberkan Jurus Pangkas Harga Telur

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dengan tegas ingin memangkas harga telur ayam dan harga pangan lainnya yang selama ini dikeluhkan emak-emak. Prabowo berjanji bisa memangkas harga pangan, termasuk telur, dalam 100 hari.

Anggota Dewan Pakar Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Uno, Dradjad Wibowo mengatakan jurus utama memangkas harga telur cs adalah dengan memangkas keuntungan dalam tata niaga.


"Apakah Prabowo-Sandi bisa? Sangat bisa. Dalam pidatonya, Mas Prabowo menyebut salah satu langkahnya adalah memangkas keuntungan," kata Dradjad saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Sabtu (23/2/2019).

Dia menjelaskan keuntungan dalam tata niaga pangan itu sering terlalu tinggi. Dalam kasus harga telur dan daging ayam, menurutnya terdapat mafia yang memainkan harga day old chicken (DOC), pakan, telur, dan daging.

"Menurut Bloomberg 12 Februari 2019, antara Januari 2018-Januari 2019 saja harga DOC melonjak 40% lebih. Harga saham raksasa peternakan di Indonesia meroket 65-140% pada 2018. Raksasa ternak pesta keuntungan, peternak dan emak-emak kelabakan," ungkap dia.

Tidak hanya telur ayam, Dradjad juga menjelaskan penyebab tingginya harga beras jenis medium khususnya hasil impor. Beras dari Vietnam dengan tingkat pecah 5-25%, kadar air 14% terdapat biaya keuntungan yang sangat besar.

"Setelah ditambah biaya pengapalan, asuransi, gudang di Jakarta, dan biaya lainnya, jatuhnya sekitar Rp 6.000/kg. Di pasar harganya bisa mendekati Rp 10.000/kg, bahkan pernah Rp 11.000/kg. Edan kan marjinnya," jelas dia.


Menurut Drajad, tingginya keuntungan juga terjadi pada tata niaga gula.

"Marjin yang edan-edanan itu lah yang akan dipangkas oleh Mas Prabowo," tutur Drdajad.

Jurus lainnya dalam bentuk dukungan kebijakan seperti penguatan pengelolaan stok pangan nasional, Perum Bulog harus dibersihkan dari koruptor, menambah anggaran dan gudang Bulog.

"Selain itu harus ada langkah peningkatan produksi yang masif. Keberpihakan kepada sektor pertanian harus kuat. Inovasi pertanian perlu diberi imbalan oleh negara," tutur Dradjad.


Saksikan juga video 'Cara Turunkan Harga Telur ala Kubu Prabowo: Menang Dulu, Baru Cerita':

[Gambas:Video 20detik]


Timses Prabowo Beberkan Jurus Pangkas Harga Telur


(hek/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com