Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 27 Feb 2019 12:46 WIB

Terungkap! Ini Dia Orang yang Paling Banyak Bagi-bagi Harta

Angga Aliya ZRF - detikFinance
Ilustrasi Foto: Ari Saputra Ilustrasi Foto: Ari Saputra
Jakarta - Memberikan sumbangan dan bantuan kepada orang lain memang sebaiknya tidak diumbar ke publik. Namun The Chronicle of Philanthropy mencatat orang-orang yang paling banyak memberikan sumbangan.

Dari data yang sudah dikumpulkan pun terungkap bahwa Jeff dan MacKenzie Bezos merupakan orang yang menyumbangkan harta paling banyak di dunia ini.

Pendiri sekaligus CEO Amazon itu bersama istrinya sudah menyumbangkan US$ 2 miliar (Rp 28 triliun) ke yayasan yang bergerak membantu para tunawisma.

Sumbangan disalurkan melalui melalui 'Bezos Day One Fund' yang dibentuk pada September 2018 lalu. Pasangan ini sudah memutuskan untuk berpisah bulan lalu, namun tetap berkomitmen untuk bekerja sama di yayasan kemanusiaan itu.

Jumlah sumbangan dari 50 orang penyumbang terbesar yang tercatat di The Chronicle of Philanthropy turun 50% dibandingkan tahun lalu, turun dari US$ 14,7 miliar di 2017 menjadi hanya US$ 7,8 miliar di 2018.

Pada posisi kedua penyumbang terbesar ada pebisnis Michael Bloomberg yang menyumbangkan US$ 767 juta. Pierre dan Pam Omidyar berada di posisi ketiga dengan sumbangan US$ 392 juta.


Sementara di posisi keempat ada CEO Blackstone Stephen Schwarzman dengan nilai sumbangan US$ 390 juta. Bill dan Melinda Gates yang berada di posisi puncak pada 2018 kini turun ke posisi 12.

Sumbangan yang diberikan Bill dan Melinda tahun 2018 jumlahnya US$ 138 juta. Mark Zuckerberg and Priscilla Chan juga turun peringkat dari posisi 2 di 2017 menjadi posisi 7 tahun lalu.

Jumlah uang yang disumbangkan Mark dan Priscilla sebesar US$ 312,6 juta di 2018, sebelumnya mencapai US$ 2 miliar di 2017.

"Beberapa miliuner tidak selalu masuk daftar Philanthropy 50 karena tidak rutin memberikan sumbangan dalam jumlah besar. Banyak juga yang namanya tidak mau disebut setelah memberikan sumbangan," kata publikasi The Chronicle of Philanthropy yang dikutip CNN, Rabu (27/2/2019).

(ang/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com