CONTINUE TO SITE >

Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 28 Feb 2019 13:51 WIB

Di Depan Pengusaha, Luhut Blak-blakan Terjun ke Bisnis Tambang

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Dok. Kadin  Indonesia Foto: Dok. Kadin Indonesia
Jakarta - Menteri Koordinator (Menko) Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, kumpul bareng pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Dalam pidatonya, Luhut bercerita diberhentikan dari jabatan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) di era Presiden Abdurrahman Wahid alias Gus Dur hingga banting setir jadi pengusaha tambang.

Luhut mengawali ceritanya saat lengser dari posisi Menperindag yang baru setahun dijabat. Menurutnya, usai diberhentikan dia sempat goyah hingga mempertanyakan pemberhentian tersebut kepada Tuhan.

"Saya baru setahun menteri kok diberhentikan, bergolak juga hati saya ini, saya sebut ya Tuhan kenapa malah begini, Tuhan kok nggak adil? Saya challenge juga Tuhan itu, saya sudah nggak punya uang, saya punya duit cuma beberapa miliar saja kecil lah waktu itu," ujar Luhut di acara Kadin Talks, di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (28/2/2019).


Berbekal modal uang beberapa miliar itu, Luhut menjalan bisnis di sektor energi dan sumber daya mineral. Seiring bisnisnya berjalan, Luhut mendapat lahan konsesi seluas 15.000 hektare (ha)

"Lalu, saya pikir saya harus masuk di bidang energi, listrik dan kemudian mining. Kebetulan saya punya sekolah dan saya butuh untuk subsidi. Kembali lagi itu 'mystery of life' , akhirnya saya dapat konsesi 15.000 hektare konsesinya, ya saya kerjain," kisah mantan Menko Polhukam itu.


Menurut Luhut lengser dari posisi Menperindag ternyata memberikan peluang lain baginya untuk berkarya selepas pensiun dari TNI. Selain itu, dia mengatakan, Tuhan ternyata punya rencana lain di balik pemberhentiannya dari posisi Menperindag.

Dia menambahkan, di bisnis tambang ini dia bisa meraih pendapatan yang cukup untuk orang yang sudah pensiun dari TNI.

"Saya pikir saya baru tahu kenapa saya diberhentikan Tuhan, saya pikir supaya Luhut lu cari uang deh supaya kalau saya kasih kerjaan lagi nggak usah cari duit lagi. I made a lot of money, super good money buat ukuran pensiunan seperti saya," tutur Luhut. (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed