Gerak-gerik Pengusaha di Tahun Politik

Danang Sugianto - detikFinance
Kamis, 28 Feb 2019 16:49 WIB
Sofjan Wanandi Foto: Ari Saputra
Jakarta - Tahun politik jadi penanda pergantian periode pemerintahan yang biasanya diikuti dengan pergantian kebijakan. Tak mau gegabah, para pelaku usaha dipercaya melakukan aksi wait and see alias lihat dan tunggu.

Pengusaha senior Sofjan Wanandi berpandangan aksi wait and see wajar saja dilakukan para pengusaha. Pengusaha melakukan aksi 'diam' sembari melakukan perencanaan menghadapi tantangan bisnis ke depan.

"Kita semua wait and see tapi kita dalam perusahaan itu membuat plan sendiri-sendiri sesuai kemampuan kita, ujarnya dalam Seminar CNBC Indonesia Economic Outlook 2019 di Westin Hotel, Kamis (28/2/2019).


Strategi yang disusun nantinya akan menentukan langkah bisnis apa yang akan diambil. Apakah memperluas bisnis atau tidak.

"Kami akan melihat dan kami pasti akan berekspansi tapi ada yang konsolidasi, ada yang ekspansi," kata Sofjan.


Sofjan menjelaskan bahwa sudah menjadi sifat alami pengusaha untuk tidak mengambil risiko dalam pengambilan keputusan bisnis. Apa lagi bila risiko itu belum terukur.

"Dalam persoalan apapun, kita ingin kepastian. Termasuk stabilitas politik. Itu sebabnya kita wait and see," katanya. (dna/ara)