Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 01 Mar 2019 16:45 WIB

Beri Promo Homestay 50%, BRI Dorong Pertumbuhan Desa Wisata

Robi Setiawan - detikFinance
Foto: Robi Setiawan/detikcom Foto: Robi Setiawan/detikcom
Jakarta - Bank Rakyat Indonesia (BRI) menunjukkan keterlibatannya dalam mendorong pertumbuhan industri pariwisata di Indonesia. Adapun upayanya yaitu dengan menjadi bank satu-satunya yang melayani pembayaran di platform aplikasi penyewaan homestay, Indohomestay.

"Tentu saja sebagai bank yang bergerak mayoritas di bidang UMKM, sangat tepat apabila Indohomestay bekerja sama dengan Bank BRI dalam mendorong pengembangan industri pariwisata," ujar Executive Vice President Retail Payment Division Bank BRI, Arif Wicaksono dalam acara penandatanganan acara MoU kerja sama Bank BRI dan Indohomestay, Jakarta, Jumat (1/3/2019).


Arif mengatakan upaya Bank BRI mendorong pariwisata pun bukan saja dalam bentuk menghadirkan pelayanan pembayaran, namun juga memberikan promo khusus dalam rangka kerja sama dengan Indohomestay, yaitu diskon homestay hingga 50%.

"Untuk sementara ini kami sifatnya diskon. Jadi begitu Anda booking homestay, bayar pakai kartu debit, kredit, atau uang elektronik di masa satu bulan ini langsung didiskon 50%," jelasnya.

Untuk bisa merasakan promo ini menurutnya wisatawan perlu melakukan pemesanan homestay di aplikasi Indohomestay minimal senilai Rp 400 ribu menggunakan produk-produk Bank BRI seperti misalnya kartu debit dan kredit BRI. Adapun besaran maksimal diskon yang bisa didapatkan adalah Rp 200 ribu.

"Satu orang jatahnya satu transaksi. Jadi sebenarnya target kami untuk mendorong lebih banyak user, bukan lebih banyak transaksi per penggunanya," urainya.

Lebih lanjut Arif mengatakan setelah masa promo diskon 50% ini berakhir, Bank BRI melanjutkan promo berikutnya, yaitu dengan memberikan diskon 15%. Promo diskon 15% ini berlaku selama satu tahun sejak berakhirnya promo diskon 50%.

"Nah berikutnya apa lagi? Ini yang sedang kami pikirkan, apakah program poin misalnya. Semakin banyak order dapat poin yang bisa ditukar paket wisata misalnya, atau apa lah ini masih kami pikirkan," katanya.


Sementara itu CEO Indohomestay, Grandy mengatakan pengguna bisa merasakan promo dari Bank BRI ini di lebih dari 1.000 homestay di seluruh pelosok Indonesia. Menurutnya saat ini ada tiga kategori homestay yang ditawarkan kepada wisatawan, yaitu Homestay Nusantara, Verified Homestay, dan New Homestay.

"Jadi kalau orang baru mau bisnis homestay masuk New Homestay. Kalau Verified Homestay yang sudah kami verifikasi, ini biasanya bangunannya berupa rumah modern. Tapi kalau Homestay Nusantara diverifikasi oleh kami dan Kementerian Pariwisata, syaratnya terletak harus di desa wisata, dan bentuk bangunannya harus adat istiadat lokal," jelas Grandy. (ega/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com