Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 08 Mar 2019 15:06 WIB

Perjalanan Donald Sihombing Tembus Daftar Orang Terkaya RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jakarta - Nama Donald Sihombing mendadak muncul dalam daftar populer pencarian di internet. Nama yang asing terdengar saat mengetahui bahwa orang tersebut terdaftar dalam deretan orang terkaya di dunia asal Indonesia.

Baru-baru ini Forbes mengumumkan daftar terbaru Billionaires 2019. Dari daftar biliuner baru tersebut, menurut asal negara Indonesia ada 21 nama yang ikut masuk.

Dari 21 nama orang Indonesia yang terdaftar dalam billionaires 2019, Donald Sihombing berada di urutan ke-14. Jumlah hartanya yang mencapai US$ 1,4 miliar atau sekitar Rp 19,6 triliun (kurs Rp 14.000) mengungguli milik Djoko Susanto, Keluarga Ciputra hingga Hary Tanoesoedibjo.

Nama Donald Sihombing sendiri memang jarang terdengar dalam daftar orang terkaya di Indonesia. Saking barunya nama Donald Sihombing dalam daftar tersebut, Forbes belum mencantumkan foto Donald di laman daftar tersebut.

Dikutip dari laman profil Donald Sihombing di Forbes, Jumat (8/3/2019), Donald diketahui merupakan pendiri PT Totalindo Eka Persada. Perusahaan konstruksi tersebut banyak membangun gedung-gedung besar dan bergengsi di Jakarta seperti Hotel Four Seasons, Hotel Mulia hingga Mal dan Apartemen Taman Anggrek.


Donald yang lahir pada 23 Juli 1956 itu merupakan lulusan Fakultas Teknik Universitas Akron di Amerika Serikat (AS). Dia bekerja di perusahaan konstruksi sebelum mendirikan perusahaannya sendiri pada tahun 1995.

Menariknya sebelum sukses membangun perusahaannya, pria yang lahir di Medan itu pernah dipecat dari perusahaan konstruksi yang bernama PT Total Bangun Persada Tbk. Di usia 40 tahun, Ia kemudian mendirikan PT Totalindo Eka Persada Tbk, tepatnya pada Oktober 1996.

Lewat Totalindo, pria batak yang kini berusia 63 tahun tersebut telah banyak membangun konstruksi berskala besar.

Selain yang disebutkan di atas, ada pula Kalibata City, Grand Indonesia West Mall hingga pembangunan rumah susun seperti rusun KS Tubun, Rusun Nagrak Tower 1-5, Rusun Penggilingan Pulogebang, hingga Jembatan Siak Indrapura.

Donald sendiri saat ini menjabat sebagai Direktur Utama PT Totalindo Eka Persada Tbk. Donald juga merupakan pemegang saham terbesar Totalindo, yakni mencapai 74%.

Donald berhasil membawa Totalindo ke lantai bursa pada Juni 2017. Sejak IPO Juni 2017, harga saham Totalindo telah melonjak, mencatatkan kenaikan sepuluh kali lipat pada puncaknya.

Totalindo saat ini juga melakukan diversifikasi bisnis dengan ikut masuk ke perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) selain dari proyek-proyek kelas atas lain. Totalindo merupakan perusahaan kontraktor yang menangani proyek hunian DP Rp 0 milik Pemprov DKI Jakarta.



Perjalanan Donald Sihombing Tembus Daftar Orang Terkaya RI
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com