Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 10 Mar 2019 19:35 WIB

Tips Sukses Ria Ricis: Lakukan, Laksanakan, Jangan Cuma Ngomong!

Tia Reisha - detikFinance
Foto: Tia Reisha/detikcom Foto: Tia Reisha/detikcom
Bandung - Kabar gembira datang dari salah satu Youtuber ternama Tanah Air, Ria Ricis. Ia baru saja mendapatkan 11 juta subscriber yang menandakan bahwa ia merupakan perempuan pertama di Asia Tenggara dengan jumlah subscriber sebanyak itu.

Di balik kesuksesannya tersebut, Ricis pun menyampaikan rahasia yang bisa membuat ia sukses seperti sekarang ini. Hal itu ia sampaikan dalam acara Bandung Young Entrepreneur Summit (YES) 2019 di Gedung Sabuga, Bandung, hari ini.


"Menurut saya yang penting itu adalah learning by doing. Lakukan, laksanakan, jangan cuma ngomong. Kalau cuma ngomong, semua orang bisa. Tapi laksanakan. Dengan dilaksanakan kita tahu kendalanya apa saja, menuju suksesnya seperti apa. Karena kalau tidak dilakukan ya percuma," ujar Ricis di Bandung, Minggu (10/3/2019).

Pemikirannya itu juga dipicu oleh banyaknya anggapan bahwa perempuan tidak bisa menjadi pemimpin. Ia pun membuktika anggapan itu salah dengan kesuksesannya sekarang.

Tips Sukses Ria Ricis: Lakukan, Laksanakan, Jangan Cuma Ngomong!Foto: Tia Reisha/detikcom

"Dulu itu anggapannya perempuan itu nggak bisa memimpin. Dengan komentar seperti itu, saya berpikir perempuan itu bisa. Jadi walaupun kata orang 'udah, perempuan itu nggak usah ngapa-ngapain', saya buktikan kalau perempuan juga bisa," ujarnya.

"Nggak ada kata nggak bisa. Perempuan bisa kerja keras, perempuan juga bisa melakukan banyak hal sekalipun pakai hijab," lanjut Ricis.


Awalnya, Top Two Youtuber di Indonesia ini mencoba peruntungannya pada Januari 2016 dengan channel Youtube Ricis Official. Pada channel-nya itu, ia menyuguhkan video lucu seputar kesehariannya, endorse, permintaan netizen, hingga tren di masyarakat.

Kesuksesan yang ia nikmati saat ini tidak diraih secara instan, namun diraih atas usaha yang ia geluti dari nol. Berkat kegigihannya tersebut, kini Ria Ricis mendapat pengakuan dari banyak orang sebagai salah satu Youtuber terkaya di Indonesia dengan penghasilan mencapai miliaran rupiah setiap tahunnya.

Selain Ria Ricis dan Ruben Onsu, acara ini juga dihadiri tokoh sukses lainnya seperti Sandiaga Salahudin Uno, Perry Tristianto Tedja sebagai pemilik factory outlet dan Floating Market di Bandung, serta Aditya Surya Pratama sebagai dokter sekaligus seorang penulis. (ega/zul)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com