Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Mar 2019 12:20 WIB

Di Depan Ratusan Mahasiswa, Mendag Klaim Ekonomi RI Makin Merata

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance Foto: Puti Aini Yasmin/detikFinance
Jakarta - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita hari ini menjadi pembicara di kuliah umum Universitas Tarumanegara, Jakarta. Pada kesempatan tersebut, di depan ratusan mahasiswa ia mengatakan perdagangan di Indonesia tumbuh merata.

Menurut Enggar pertumbuhan perdagangan tak hanya berpusat di pulau Jawa. Saat ini, perdagangan di setiap daerah dapat berkembang dikarenakan pembangunan infrastruktur yang merata.

"Pertumbuhan (perdagangan) ini tidak terpusat di Jakarta, bukan di Jawa tapi dengan pembangun infrastruktur, pertumbuhan ada di daerah-daerah," kata dia dalam kuliah umum, Senin (11/3/2019).


Lebih lanjut, ia mengungkapkan pertumbuhan perdagangan yang merata tersebut tak hanya terjadi pada toko offline atau ritel. Namun juga pada penjualan online.

Hanya saja, ia tak mengetahui jumlah pertumbuhan. Sebab, diakui masih banyak perdagangan online yang tak tercatat oleh Kementerian Perdagangan.

"Dilihat e-commerce itu atau online growth pertumbuhan luar biasa, itu yang tercatat karena banyak perdagangan online yang tidak tercatat, itu melalui Instagram pasti besar sekali," jelas dia.


Sementara itu, ia juga menilai saat ini Indonesia memiliki potensi investasi perdagangan yang besar. Hal itu terlihat dari peringkat negara tujuan investasi utama nomor empat di dunia pada 2017. Maka dari itu ia meminta agar para mahasiswa bisa mengembangkan setiap peluang. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com