Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 11 Mar 2019 13:01 WIB

Lion Air Operasikan 10 Unit Boeing 737 MAX 8

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Paul Christian Gordon/Lion Air Foto: Paul Christian Gordon/Lion Air
Jakarta - Boeing 737 MAX 8 kembali menjadi sorotan. Pasalnya, pesawat yang dioperasikan Ethiopian Airlines ini jatuh pada Minggu lalu (10/3/2019).

Pesawat Ethiopian Airlines ini jatuh sekitar 5 bulan dari jatuhnya pesawat Lion Air dengan pesawat sejenis. Lion Air sendiri saat masih mengoperasikan Boeing 737 MAX 8 dengan total 10 unit.

"Lion Air mengoperasikan 10 Boeing 737 MAX 8, Thai Lion Air mengoperasikan 2 Boeing 737 MAX 9," kata Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihartono kepada detikFinance lewat pesan singkat, Senin (11/3/2019).


Meski demikian, dirinya belum memberi respons terkait langkah Lion Air selanjutnya pasca pesawat Ethiopian Airlines jatuh. Imbas dari jatuhnya pesawat tersebut, pemerintah China sendiri meminta maskapai untuk 'mengandangkan' pesawatnya.

Sementara, pihak Kemenhub menyatakan akan terus melakukan pengawasan pada pesawat Boeing 737 MAX 8 yang beroperasi di Indonesia. Pengawasan untuk pesawat Boeing ini sendiri sudah dilakukan sejak Oktober 2018 lalu.

"Hingga saat ini kami terus melakukan langkah-langkah perbaikan mulai dari prosedur operasional maupun additional training serta menindaklanjuti Airworthiness Directive yang dikeluarkan Federal Aviation Administration," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti dalam keterangan tertulis.

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com