ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 13 Mar 2019 23:18 WIB

Jokowi Ingin Ada Menteri Ekspor? Mendag: Kewenangan Presiden

Trio Hamdani - detikFinance
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Ari Saputra Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita/Foto: Ari Saputra
Jakarta - Neraca perdagangan tekor jadi persoalan dari tahun ke tahun dan menjadi perhatian khusus Presiden Joko Widodo (Jokowi), Bahkan Jokowi sampai melontarkan wacana pembentukan Menteri Investasi dan Menteri Ekspor.

Nah, saat ini urusan ekspor maupun impor ditangani Kementerian Perdagangan. Lantas, apa kata Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita menyikapi pernyataan Jokowi?

Enggar tidak mau berkomentar terlalu banyak mengenai hal tersebut. Menurutnya, itu biar menjadi kewenangan presiden. Hak prerogatif presiden, kata dia dalam menentukan jajaran di kabinet.


"Itu kewenangan presiden. Kewenangan presiden, dan hak prerogatif presiden dalam penyusunan kabinet," katanya ditemui di Shangri-La Hotel, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Sementara itu, dalam kesempatan berbeda, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro juga menyinggung soal pernyataan Jokowi .

Bambang menerangkan, pada dasarnya presiden fokus pada pertumbuhan ekonomi. Sementara, pertumbuhan ekonomi sulit untuk bergerak lebih cepat di kisaran 5,1% hingga 5,2%.


Jokowi ingin sesuatu yang berhubungan global market ditangani oleh suatu institusi yang solid. Lantas, apakah bakal ada Menteri Ekspor dan Menteri Investasi?

Bambang hanya mengatakan tinggal menunggu waktu, namun tetap diperhatikan struktur kementerian yang ada sekarang.

"Itu tinggal menunggu waktu, kita lihat dulu tentunya harus kan diperhatikan juga struktur kementerian yang ada sekarang. Tapi intinya, dasarnya yang tadi itu supaya kita bisa benar-benar merespons dengan baik dinamika global," katanya di Hotel Borobudur Jakarta, Rabu (13/3/2019). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com