Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 14 Mar 2019 18:08 WIB

Ingat, Lapor SPT Tak Dipungut Biaya!

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari Foto: Tim Infografis, Nadia Permatasari
Jakarta - Wajib pajak mesti melaporkan surat pemberitahuan tahunan (SPT) pajak sebelum tanggal 31 Maret nanti. Tapi, tak perlu khawatir karena lapor SPT nggak dipungut biaya alias gratis kok.

"Nggak ada biaya kok, gratis," kata Direktur Eksekutif Center for Indonesia Taxation Analysis (CITA) Yustinus Prastowo kepada detikFinance, Kamis (14/3/2019).

Lebih lanjut, ia mengungkapkan biaya yang mesti dikeluarkan wajib pajak saat melapor SPT hanya berkaitan dengan operasional pribadi. Misalnya bila wajib pajak melapor langsung ke kantor pelayanan pajak (KPP).


Pria yang akrab disapa Pras mencontohkan biaya operasional pribadi yang dimaksud, seperti transportasi hingga fotocopy data lampiran dokumen pajak.

"Cuma ya pemborosannya di waktu dan di transportasi dan lampiran fisik itu kan perlu fotocopy nyerahin data pajaknya," terangnya.


Sementara itu, ia mengimbau agar para wajib pajak segera melaporkan SPT-nya. Pasalnya, hal itu bisa mengurangi risiko terjadinya kesalahan yang bisa merugikan.

"Sebaiknya segera lapor di awal. Misalnya lapor di tanggal 31 Maret terus ada yang salah kan mesti lengkapi dulu itu kalau lewat 1 April rugi dong," tutup dia. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com