Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 16:43 WIB

Akuisisi Pesaingnya, Perusahaan Ganja Kanada Ini Kuasai Pasar AS

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: DW (News) Foto: DW (News)
Jakarta - Perusahaan ganja asal Kanada sedang membuat percikan besar di pasar Amerika Serikat (AS). Akan ada dua perusahaan pengecer ganja yang bergabung dan menjadi pemain terbesar di negara adi daya itu.

Awal pekan ini, pengecer produk ganja, Harvest Health and Recreation, mengumumkan akan membeli pesaing mereka yakni Verano Holdings. Nilai transaksinya mencapai US$ 850 juta atau setara Rp 11,9 triliun. Demikian dilansir dari CNBC, Minggu (17/3/2019).

Kesepakatan penjualan seluruh saham itu menandai kesepakatan perusahaan ganja terbesar di AS hingga saat ini. Perusahaan gabungan ini akan menjadi salah satu operator penjualan ganja multi-negara terbesar di negara itu, yang memimpin sebanyak 200 fasilitas di 16 negara.


Steve White, salah satu pendiri dan CEO Harvest, memiliki visi yang jelas tentang bagaimana Verano akan meningkatkan posisi Harvest di industri ganja AS yang masih berkembang

"Saat ini, kami berada dalam fase yang orang menyebutnya sebagai perampasan tanah. Kami berencana mengembangkan jejak ritel terbesar, platform ritel terbesar, di Amerika Serikat, dan dengan akuisisi ini, saya pikir kami telah melakukan itu," ujar White.

Harvest saat ini beroperasi di Arizona, California, Florida, Maryland, Ohio dan Pennsylvania, dan sudah berencana untuk membuka lokasi baru di Massachusetts, Michigan dan North Dakota. Akuisisi Verano menambahkan kota operasinya yakni Illinois dan Nevada. Serta ada rencana untuk lokasi baru di Puerto Riko, Oklahoma, dan New Jersey.

"Salah satu hal yang sangat kami syukuri adalah mendapatkan lisensi l mereka yang sebenarnya diberikan oleh pemerintah. Itu berarti bahwa kami tidak harus membeli lisensi dengan harga puluhan juta dolar ketika kami dapat membeli lisensi untuk beberapa ratus ribu dolar, "kata White.


"Apa yang kami lihat di Verano adalah mereka juga memiliki kemampuan untuk melakukan hal yang sama. Yang sangat sedikit orang tahu adalah mereka memenangkan lebih banyak lisensi daripada siapa pun di negara bagian Nevada," tambahnya.

White berbicara tentang apa yang menjadi fokus Verano pada profitabilitas. Menurutnya hal itu akan cocok bersama perusahaannya.

"Kami telah menekankan pada profitabilitas sejak awal pembentukan kami, dan ketika kami mulai berbicara dengan Verano, kami mendapatkan pengertian, pengertian yang sangat jelas, bahwa mereka sepaham dalam hal itu," katanya.

"Mereka telah menjalankan perusahaan yang menguntungkan selama beberapa waktu juga, yang, seperti yang Anda tahu, di industri ganja di AS cukup unik. Hanya ada beberapa perusahaan yang benar-benar berjalan dan menguntungkan," ucap dia.

Dan karena semakin banyak negara bagian di AS yang melegalkan ganja, White menegaskan bahwa Harvest akan terus melakukan pengembangan bisnis.

"Kami akan melakukan setiap kesepakatan yang masuk akal bagi pemegang saham Harvest and Harvest. Kami pikir sangat penting untuk tumbuh lebih cepat daripada pesaing kami, dan karenanya kami akan melakukan segala yang kami bisa untuk mewujudkannya," tegasnya.

Saham Harvest, yang diperdagangkan di Canadian Securities Exchange, naik lebih dari 3% pada perdagangan Jumat kemarin. Kenaikan itu menambah lonjakan hampir 14% untuk minggu ini. Saham perusahaan juga tercatat telah naik lebih dari 52% tahun ini. (das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed