Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 17 Mar 2019 21:23 WIB

Cek Fakta

Ma'ruf Sebut BPJS Asuransi Terbesar Dunia, Ini Faktanya

Danang Sugianto - detikFinance
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Cawapres Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin membanggakan tentang apa yang telah dilakukan pemerintah saat ini untuk kesehatan. Salah satunya yang telah dilakukan melalui Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Ma'ruf menilai apa yang telah dilakukan pemerintah di sektor kesehatan sudah cukup besar. Bahkan dia menilai JKN merupakan program asuransi yang terbesar di dunia.

"Kita sudah lakukan upaya asuransi sosial yang besar bahkan capai 215 juta peserta. BPJS dan ini merupakan asuransi terbesar di dunia. 96,8 juta dari peserta itu memperoleh dari penerima biaya iuran dari pemerintah," tuturnya di dalam debat Cawapres di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).


Benarkah hal itu?

Menurut penelusuran detikFinance, salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbesar di dunia versi The Daily Records, perusahaan asuransi terbesar adalah UnitedHealth.

Perusahaan asuransi yang telah berdiri sejak 1977 telah beroperasi di 125 negara. Total pesertanya sudah mencapai 115 juta. Angka itu hampir setengah dari jumlah peserta JKN.

Menurut data yang dimiliki Detikcom, jumlah peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang hingga (03/01/2019) tercatat sebanyak 215.860.046 jiwa.


Video: Ma'ruf Akan Tingkatkan Kesehatan, Sandiaga Fokus Pembenahan Sistem

[Gambas:Video 20detik]

(das/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed