Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 18 Mar 2019 12:49 WIB

Selain Kartu Sakti, Ini Strategi Ma'ruf Amin Atasi Pengangguran

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Edi Wahyono Foto: Edi Wahyono
Jakarta - Dalam debat jilid III, Calon Wakil Presiden (cawapres) Nomor Urut 01 Ma'ruf Amin menjanjikan program pengentasan pengangguran melalui Kartu Pra-Kerja. Dari kartu ini, nantinya para pengangguran akan diberikan pelatihan dan keterampilan, serta adanya pemberian insentif.

Namun Juru Bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Kyai Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily mengatakan banyak strategi yang akan diterapkan calon pemimpin negara dari nomor urut 01.

"Dalam hal mengatasi pengangguran, Abah Kyai Ma'ruf menawarkan Kartu Pra-Kerja dengan memberikan pelatihan yang berfokus pada peningkatan skil dan upskilling (peningkatan keterampilan) anak-anak muda, di samping mewujudkan ekosistem ekonomi yang kondusif bagi terciptanya produktivitas ekonomi kita," kata Ace saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Senin (18/3/2019).


Strategi selanjutnya, kata Ace, ada juga konsep kemitraan antara pemerintah dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDA) untuk mengatasi persoalan pengangguran nasional yang jumlahnya sekitar 7 juta orang.

Selanjutnya, mengatasi permasalahan pengangguran juga akan dilakukan dengan cara merevitalisasi SMK dan sekolah vokasi agar sesuai dengan kebutuhan dunia usaha. Bahkan, untuk menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang terampil, produktif, dan berdaya saing melalui pemanfaatan BLK yang ditargetkan sebanyak 3.000 di seluruh Indonesia.

"Beliau menyampaikan bahwa pemahaman terhadap pentingnya peningkatan kualitas tenaga kerja yang dimulai dari pendidikan, pelatihan, kerjasama dan kolaborasi, dan juga pentingnya meluruskan pengiriman tenaga kerja ke luar negeri dengan paradigma baru untuk mendahulukan kemaslahatan dan menolak kerusakan benar-benar menyentuh hati kara pekerja Indonesia baik di dalam maupun luar negeri," ungkap Ace.

(hek/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com