Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mar 2019 13:35 WIB

Besar Mana, Rp 1 Kuadriliun Disney Buat Beli Fox dan Harta Orang Terkaya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Disney mengeluarkan duit US$ 71 miliar atau setara dengan Rp 1 kuadriliun untuk akuisisi 21st Century Fox. Angka ini setara dengan Rp 1.000 triliun.

Angka ini jelas tidak sedikit. Namun, angka itu masih di bawah dengan kekayaan orang terkaya di bumi.

Sebagaimana diketahui, Forbes baru saja merilis daftar orang terkaya dunia tahun 2019. Dalam daftar itu, pendiri Amazon Jeff Bezos berada di pucuk daftar orang terkaya.

Orang berkepala plontos ini mengantongi harta US$ 131 miliar atau setara Rp 1.830 triliun (kurs: Rp 14.000/dolar AS). Ia menduduki puncak daftar pada tahun kedua ini, menggeser Bill Gates yang berlangganan di puncak sejak tahun 2014.

Bill Gates, sang pendiri Microsoft di tahun ini berharta US$ 96,5 miliar setara Rp 1.350 triliun.

Kekayaan Jeff Bezos tahun 2019 melonjak US$ 19 miliar. Tahun lalu, hartanya mencapai US$ 112 miliar atau setara Rp 1.512 triliun kala itu.


Mengutip Variety, Disney telah mengeluarkan pernyataan resminya atas kabar kesepakatan studio ini dan Fox yang telah selesai.

"Ini adalah momen yang luar biasa dan bersejarah bagi kami, yang akan menciptakan nilai jangka panjang yang signifikan bagi perusahaan kami dan pemegang saham kami," kata CEO Disney Bob Iger.

Aset Fox yang akan berpindah ke tangan Disney meliputi Twentieth Century Fox, Fox Searchlight Pictures, Fox 2000 Pictures, Fox Family, dan Fox Animation.

Selain studio, saluran televisi yang kini juga akan berada di bawah kendali Disney di antaranya unit kreatif televisi Fox, Twentieth Century Fox Television, FX Productions, dan Fox21. Jaringan FX, National Geographic Partners, Fox Networks Group International, dan sejumlah aset Fox di jaringan streaming hulu.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com