Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 21 Mar 2019 16:24 WIB

Hasil Survei: Penghasilan Driver Go-Jek Cs di Atas UMK

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Tim Infografis Fuad Hasim Foto: Tim Infografis Fuad Hasim
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Jakarta - Profesi pengemudi atau driver taksi online dan ojek online (ojol) terkadang dipandang sebelah mata. Mereka dianggap tidak memiliki masa depan yang jelas dibandingkan pekerjaan formal.

Namun siapa sangka, rata-rata penghasilan pengemudi taksi online dan ojol di Grab dan Go-Jek di atas upah minimum kota/kabupaten (UMK). Hal itu terungkap dalam riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI).

Wakil Kepala Lembaga Demografi FEB UI Paksi C.K Walandouw mengatakan, hasil survei menunjukkan bahwa rata-rata penghasilan driver ojol adalah Rp 4,9 juta di Jabodetabek, sementara rata-rata UMK di wilayah yang sama adalah Rp 3,9 juta.


Sementara penghasilan mereka di luar Jabodetabek adalah Rp 3,8 juta. Wilayah yang disurvei adalah Balikpapan, Bandung, Denpasar, Makassar, Medan, Palembang, Surabaya, Yogyakarta. Rata-rata UMK di sana sebesar Rp 2,8 juta.

"Kita bisa lihat ada manfaat selain pendapatan lebih, yaitu mempunyai waktu bersama keluarga," katanya dalam sebuah paparan di kawasan Jakarta Selatan, Kamis (21/3/2019).

Berikutnya adalah pendapatan driver taksi online yang rata-rata sebesar Rp 6 juta di Jabodetabek dan Rp 5,5 juta di wilayah lainnya.


Tak hanya mendapatkan penghasilan di atas UMK, dengan bergabung ke transportasi online, penghasilan mereka juga secara signifikan meningkat dibandingkan sebelum menggeluti profesi ini. Penghasilan driver ojol meningkat 45%, taksi online 42%.



Tonton juga video Peraturan Ojek Online Terbit, Soal Tarif Masih Digodok:

[Gambas:Video 20detik]


Hasil Survei: Penghasilan Driver Ojol dan Taksi Online di Atas UMK
(das/das)
FOKUS BERITA Tarif Baru Ojek Online
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed