Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 22 Mar 2019 16:46 WIB

Strategi Transmart Dalam Mendukung Konsumen Indonesia Berdaya

Christallia Lie - detikFinance
Foto: Transmart Carrefour Foto: Transmart Carrefour
Jakarta - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan pentingnya konsumen memahami hak dan kewajiban agar semakin cerdas dalam bertransaksi barang maupun jasa. Oleh karena itu dia meminta edukasi konsumen akan hak dan kewajibannya tersebut lebih ditingkatkan lagi.

"Edukasi harus lebih ditingkatkan lagi supaya konsumen juga bisa paham apa itu hak dan kewajibannya," ujar Ridwan Kamil saat membuka Hari Konsumen Nasional (Harkonas) di Lapangan Gasibu, Bandung, Selasa (19/3/2019).


Sementara itu Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita yang juga hadir menyampaikan jika berbagai program telah dilakukan untuk meningkatkan konsumen agar berdaya. Dia mencontohkan seperti pengembangan klinik pengaduan dan menyadarkan konsumen jika dilindungi secara hukum untuk mendapatkan barang berkualitas.

Untuk itu sebagai salah satu agenda Harkonas, diadakan pameran untuk memberikan edukasi bagi konsumen dalam melakukan transaksi. Ketua Badan Perlindungan Konsumen Nasional (BPKN) Ardiansyah mengungkapkan tujuan BPKN mengikuti pameran ini, yakni ingin mengedukasi seluruh pemangku kepentingan yang memiliki peran vital dalam keberhasilan perlindungan konsumen di Indonesia.

"Melalui serangkaian edukasi yang diberikan dalam memperingati Harkonas, harapannya konsumen lebih berdaya dan pelaku usaha lebih bertanggung jawab," jelas Ardiansyah.

Bertepatan dengan peringatan Harkonas 2019, BPKN memperoleh rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) yaitu rekor "Edukasi Perlindungan Konsumen secara Serentak kepada Mahasiswa Terbanyak".

Transmart Carrefour merupakan salah satu dari 90 stand yang berpartisipasi dalam zona pelayanan pengaduan konsumen. Selama dua hari hingga Rabu (20/3) lalu, Transmart sebagai peritel nomor 1 di Indonesia memberikan konsultasi terkait upaya mendukung perlindungan konsumen berdaya. Antusiasme terlihat jelas saat padatnya stand Transmart dengan pengunjung.


Sebelumnya, Transmart juga menyediakan tempat konsultasi dan pengaduan konsumen pada 6 Transmart Carrefour yang berada di Bandung yakni Carrefour Kiara Condong, Carrefour Sukajadi, Transmart Cipadung, Transmart Carrefour Buah Batu, Transmart Carrefour Trans Studio Mall dan Transmart Cimahi.

Selain itu pada Sabtu (9/3/2019) lalu, Transmart mengadakan lomba menggambar tingkat SD rancangan BKPN RI dan Kemendagri yang diikuti 120 peserta di Transmart Buah Batu Bandung. Hal ini diharapkan dapat membuat para generasi penerus bangsa ini menjadi konsumen yang cerdas dan berdaya.

Tak lupa, Transmart menghadirkan promo spesial Harkonas yang berlangsung hingga 26 Maret mendatang. Berbagai produk kebutuhan sehari-hari, elektronik, peralatan rumah tangga, busana dan furnitur sedang ditawarkan dengan diskon spesial.

"Transmart terus menjadi pelopor dalam upaya mendukung konsumen Indonesia berdaya. Kami mengajak konsumen untuk lebih mencintai produk UMKM Nasional dan produk dalam negeri, sehingga kita bisa menjadi 'tuan rumah' di negeri sendiri. Transmart juga selalu siap ikut serta dalam setiap program pemerintah agar konsumen mendapatkan hak dan kewajiban," tutup Vice President Corporate Communication PT Trans Retail Indonesia, Satria Hamid. (ega/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com