Sandi Mau Izinkan Cantrang, TKN: Janji Manis Tanpa Pertimbangan

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 27 Mar 2019 17:00 WIB
Foto: Juru bicara TKN Jokowi-Ma'ruf, Ace Hasan Syadzily. (Azizah-detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin menyayangkan rencana calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno yang ingin melegalkan cantrang untuk nelayan menangkap ikan. Pasalnya itu terkesan tak mengindahkan dampak lingkungan.

Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Ace Hasan Syadzily mengatakan, Sandiaga hanya memberikan janji manis tanpa perhitungan yang matang.

"Ya saya kira apa yang disampaikan oleh Sandi itu bagian dari janji manis yang selalu dilontarkan hanya untuk kepentingan elektoral belaka, gitu ya, tanpa mempertimbangkan apakah kebijakan tersebut realistis atau tidak," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Menurutnya kebijakan pelarangan cantrang saat ini sudah tepat. Itu dengan mempertimbangkan banyak hal terutama lingkungan. Pelarangan cantrang semata-mata untuk memastikan keberlanjutan ekosistem biota laut.



Sementara penggunaan cantrang akan membuat ikan-ikan kecil juga tertangkap. Akibatnya ikan-ikan kecil ini tidak memiliki kesempatan untuk tumbuh dan berkembang biak sehingga populasinya lebih banyak.

"Iya kebijakan (pelarangan cantrang) tersebut justru ingin melindungi para nelayan agar para nelayan itu ya dapat memanfaatkan tangkapan ikan yang lebih besar dan memiliki daya jangkau ke depan," paparnya.

Lanjut dia, Sandi kelihatan lebih mendukung kebijakan yang tidak pro terhadap lingkungan.

"Intinya kebijakan itu yang nggak pro terhadap lingkungan gitu. Justru kebijakan pelarangan cantrang untuk melindungi para nelayan sendiri agar para ikan-ikannya bisa berkembang biak dan tumbuh jadi ikan-ikan yang besar," tambahnya.

(eds/eds)