Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 30 Mar 2019 21:22 WIB

Jokowi: Anggaran Kemenhan Rp 107 T, Prabowo Bandingkan Singapura

Fadhly Fauzi Rachman - detikFinance
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Capres petahana Joko Widodo (Jokowi) memamerkan jumlah anggaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) yang mencapai Rp 107 triliun. Jokowi bilang anggaran Kemenhan merupakan terbesar kedua setelah Kementerian PUPR.

"Anggaran, anggaran di Kemenhan sudah Rp 107 triliun. Nomor dua setelah Kementerian PUPR. Artinya perhatian kita terhadap pertahanan bukan main-main," dalam Debat Keempat Capres di Shangri-La Hotel, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3/2019).


Menanggapi jawaban Jokowi, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto membandingkan anggaran pertahanan Indonesia dengan Singapura.

"Maaf pak Jokowi, mungkin Pak Jokowi dapat brefing yang kurang tepat. Jadi Rp 107 triliun itu 5% dari APBN kita, 0,8% dari GDP kita," kata Prabowo.

"Padahal Singapura itu anggaran pertahanan dari 30% APBN-nya, 3% dari GDP mereka," sambung Jokowi.


Prabowo mengatakan bahwa dirinya berpengalaman menjadi tentara. Dia bilang hal itu tak cukup.

"Saya hanya mengatakan saya pengalaman di tentara, Budaya ABS banyak saya ketemu panglima aman semua pak terkendali pak, radar cukup pak, Pak tidak benar pak, tidak benar jadi itu aja pak saya tidak menyalahkan bapak. Ini budaya Indonesia ABS, iya ABS, jadi mohon kita kaji pertahanan sangat penting," tuturnya. (fdl/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com