Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 04 Apr 2019 13:20 WIB

Alasan Susi Kukuh Larang Cantrang yang Mau Dibolehkan Sandi

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengumbar janji manis kepada para nelayan bakal mengizinkan para nelayan mencari ikan menggunakan cantrang. Itu bila dirinya dan Capres Prabowo Subianto terpilih dalam pilpres 2019.

Lantas bagaimana dengan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti?

Kepala Seksi Analisis Sumber Daya Ikan Direktorat Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap Ilham mengatakan, pihaknya tetap secara tegas melarang penggunaan cantrang bagi nelayan menangkap ikan.

"Kalau politis saya nggak ngerti tapi kita kan kebijakannya tetap pada arahan menteri, itu bahwa (penggunaan cantrang) memang dari sisi sustainabilitas mengganggu kelestarian sumber daya," katanya ditemui di Hotel Akmani, Jakarta, Kamis (4/4/2019).


Lanjut dia, berdasarkan studi yang pernah dilakukan bahwa penggunaan cantrang memang dianggap sangat merusak sumber daya laut.

"Dari beberapa studi yang dilakukan sudah jelas penggunaan cantrang tidak hanya merusak mengambil ikan-ikan kecil tapi juga ekosistem karang apa gitu, ikut tertarik juga dengan cantrang itu," ujarnya.


Berdasarkan pertimbangan itu, pihaknya tak membuka peluang penggunaan cantrang kembali oleh nelayan.

"Terkait dengan cantrang itu jelas sekali ya arahan menteri kelautan dan perikanan cantrang tidak boleh," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com