Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Apr 2019 16:04 WIB

KAI Operasikan Kereta Baru Buatan INKA saat Mudik Lebaran

Mukhlis Dinillah - detikFinance
Kereta INKA/Foto: Puti Aini Yasmin Kereta INKA/Foto: Puti Aini Yasmin
Bandung - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sudah menerima 80% kereta baru yang dipesan dari PT INKA (Persero). Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menyebut sebagian kereta baru tersebut bisa digunakan untuk angkutan Lebaran 2019.

Edi melakukan peremajaan terhadap 886 unit kereta yang sudah berusia 30 tahun. KAI sudah memesan 438 unit kereta atau 38 train set untuk kontrak awal dengan INKA.

"Baru terealisasi 32 train set, atau 70-80% dari total yang baru kita terima," kata Edi di Stasiun Bandung, Jalan Kebon Kawung, Jumat (5/4/2019).


Menurutnya peremajaan kereta baru ini merupakan salah satu upaya KAI meningkatkan pelayanan kepada masyarakat pengguna kereta api.

"Sebenarnya kita ingin meremajakan untuk kereta yang umurnya lebih dari 30 tahun, karena masyarakat berhak mendapatkan kenyamanan saat menggunakan kereta api," ungkap dia.


Sebagian dari kereta buatan INKA yang telah dilakukan uji kelaikan dan sertifikasi juga akan dioperasikan sebagai kereta tambahan untuk mudik Lebaran 2019.

"Tambahan kereta untuk melayani angkutan tambahan lebaran dari INKA, semuanya telah diuji dan tersertifikasi," ujar Edi (mud/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed