Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 05 Apr 2019 20:25 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Anies Tuding Tol Becakayu Biang Banjir, Tarif Tol Terpanjang RI Rp 112.500

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
1 Anies Tuding Tol Becakayu Biang Kerok Banjir
Halaman 2 dari 4
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya

Pimpinan Proyek Tol Becakayu dari PT KKDM Herarto Startiono mengatakan, pihaknya sudah melakukan langkah-langkah untuk mencegah terjadinya banjir. Pernyataan ini menyanggah Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan yang menuding proyek tol Becakayu biang kerok banjir.

"Kita kan sudah membuat 5 pompa, kemudian membuat saluran-saluran yang kecil digedein, sudah semua, bukan karena kita sebenarnya," kata dia saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Jumat (5/4/2019).

Menurut Herarto salah satu penyebab terjadinya banjir adalah buangan air Tol Wiyoto Wiyono yang diakibatkan drainase saluran memanjangnya di beberapa tempat di tengah median tidak berfungsi, sehingga menyebabkan Jalan Panjaitan tergenang air. Itu diperlukan perbaikan saluran di bawah Tol Wiyoto Wiyono ke arah Sungai Cipinang.

"Dari tol Wiyoto Wiyono juga menyumbang, dari semua-semua itu. Kan Tol Wiyono dibuangnya ke bawah langsung ke jalan arteri," sebutnya.

Meski demikian, pihaknya akan ikut membantu pemerintah kota (pemkot) Jakarta Timur dan Kementerian PUPR untuk menanggulangi permasalahan tersebut. Nantinya akan dilakukan pelebaran drainase, dan cross drain yaitu saluran drainase yang melintang di bawah jalan.

"Makanya kita akan bekerja sama dengan pemkot, sama PUPR untuk memberi masukan supaya memperbesar drainase sama cross drain yang melintas dari barat ke timur," ujarnya.

Anies Sebut Tol Becakayu Biang Kerok Banjir, Kontraktor: Bukan Kami!

(hns/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed