Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Apr 2019 13:26 WIB

Luhut Sindir Susi (Lagi) soal Larangan Cantrang

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: pool Foto: pool
Jakarta - Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti diketahui berseberangan soal kebijakan cantrang. Susi tegas melarang nelayan menggunakan cantrang, sementara Luhut lebih longgar soal hal tersebut.

Dalam acara peluncuran program 1 Juta Nelayan Berdaulat di Telkom Hub, Jakarta, Luhut mengatakan pelarangan cantrang harus dibarengi dengan solusi yang jelas. Hal itu bermula saat Luhut menyampaikan potensi maritim di Indonesia mencapai U$S 1,3 triliun per tahun.

"Saya katakan US$ 1,3 triliun per tahun potensi ekonomi maritim. Ini harus kita perbaiki semua, kita jangan hanya larang-larang larang tapi tak ada solusi. Solusinya apa?," katanya Senin (8/4/2019).



Misalnya soal pelarangan cantrang, harus jelas cantrang seperti apa yang dilarang dan menimbulkan dampak negatif bagi ekosistem laut.

"Kalau tidak boleh pakai cantrang, cantrang apa. Nah saya baru tahu cantrang ini ada berapa macam. Cantrang mana, cantrang yang ndak boleh sampai masuk ke bawah, merusak koral atau yang net nya terlalu ketat sehingga kebawa ikannya (yang kecil)," jelas Luhut.

Untuk itu, perlu ada solusi dari pelarangan cantrang yang tak boleh digunakan oleh nelayan dalam menangkap ikan.

"Ya kita cari lah solusinya," tambah Luhut.




Tonton juga video Luhut Sangkal Ucapan Prabowo Anggaran Bocor Rp 2.000 Triliun:

[Gambas:Video 20detik]


Luhut Sindir Susi (Lagi) soal Larangan Cantrang
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com