Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 08 Apr 2019 14:11 WIB

Mesin Uang Buzzer Politik

Eh Ada yang Viral Nih, Kerjaan Buzzer Bukan Ya?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Tukang giring opini alias buzzer semakin berkembang sejalan dengan berkembangnya media sosial (medsos). Mereka bekerja dengan berbagai cara, salah satunya dengan menggunakan akun-akun palsu. Meski begitu, bukan berarti kerja mereka tidak bisa diidentifikasi.

Salah satu mantan buzzer, Rahaja Baraha menerangkan, kerja buzzer seperti media dalam menyampaikan isu. Bedanya, jika media menggunakan nama asli media, buzzer bertingkah laku seperti masyarakat sehingga mereka menggunakan akun orang atau akun palsu.

Nah, salah satu cara yang mencolok untuk melihat buzzer sedang bekerja ialah melihat dari jumlah pengikut atau followers dari akun tersebut.

"Kalau kami para pekerja ini, kita bikin akun sendiri, namanya mungkin asal, followernya nggak banyak, tapi log in-log out ngomongin terus-terusan," katanya kepada detikFinance, Selasa (2/4/2019).


Dia melanjutkan, cara lain untuk melihat kerja buzzer ialah dengan melihat tagar yang muncul.

"Kalau mau gampang, tiap pagi buka Twitter, ada hastag paslon 1 paslon 2 punya hastag masing-masing, klik hastagnya lihat aja akun-akun komennya ngomong seperti apa, akan kelihatan, kalau itu tuh orangnya yang ngomong pasti itu doang dengan berbagai akun yang berbeda," paparnya.


Co-founder Politicawave Ardy Notowidigdo menuturkan, cara kerja buzzer dalam mengembangkan isu ialah dengan memunculkan sebuah interaksi yang terlihat seperti alami.

"Kalau ditanya mereka bekerja dengan model seperti apa biasaya menggunakan tagar-tagar unik. Dan saling bekerja sama. Biasanya mereka bagi tim, ada tim bertanya dan menjawab. Supaya memang kesepakatan ini dibangun secara alami, seolah-olah alami dan mereka membuat pembicaraan dengan tagar yang mereka rencanakan lebih besar," paparnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com