Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 09 Apr 2019 13:26 WIB

Wirausaha hingga PNS Jadi Profesi yang Paling Diminati Milenial RI

Puti Aini Yasmin - detikFinance
Foto: Rengga Sancaya Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Banyak pekerjaan yang tersedia bagi milenial di Indonesia. Tapi ternyata, berdasarkan hasil riset perusahaan SEA yang merupakan induk dari Shopee, pekerjaan yang paling diminati milenial adalah wirausaha.

Menurut Kepala Economist SEA, Santitarn Sathirathai setelah wirausaha pilihan pekerjaan yang diminati lainnya adalah menjadi pegawai negeri sipil (PNS), melanjutkan usaha keluarga, hingga bekerja di perusahaan startup.

"Wirausaha adalah pekerjaan paling populer di antara anak muda Indonesia, diikuti oleh PNS, dan usaha keluarga. Kemudian perusahaan multinasional, badan amal, perusahaan lokal besar, UKM, dan perusahaan startup," jelas dia dalam acara idEAWorks Edu di Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (9/4/2019).

Survei ini diikuti oleh 14 ribu responden berusia di bawah 36 tahun. Dari angka tersebut, wirausaha diminati hampir 24,4% orang, PNS 17,1%, usaha keluarga 16,5%, perusahaan multinasional 11,4%, badan amal 9,5%, perusahaan lokal besar 8,8%, dan perusahaan startup 5,2%.


Hanya saja, Santitarn mengungkapkan wirausaha di Indonesia ternyata berkeinginan untuk beralih pekerjaan setelah melakoninya. Hal itu dikarenakan ketidakpastian dari penghasilan yang didapat.

"Anak muda yang meninggalkan dunia wirausaha lebih dilatarbelakangi oleh faktor stabilitas pendapatan daripada keseimbangan kehidupan kerja," ungkap dia.

Maka dari itu, ia menyampaikan solusi agar wirausaha milenial tetap konsisten menjalani usahanya, yakni memanfaatkan teknologi perdagangan online atau e-commerce.

"e-Commerce memiliki potensi untuk pendorong yang kuat membuka peluang ekonomi bagi mereka yang belum terpapar dengan teknologi digital," tutup dia.




Tonton juga video Dear Milenial, KPK Ajak Pilih Caleg Jujur dan Tolak Politik Uang:

[Gambas:Video 20detik]


Wirausaha hingga PNS Jadi Profesi yang Paling Diminati Milenial RI
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed