Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 11 Apr 2019 17:15 WIB

Deretan Pengusaha Beberkan Ekonomi RI Terkini Jelang Pilpres

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) berkumpul membahas ekonomi terkini jelang Pilpres 17 April 2019 mendatang. Acara dialog ini membahas evaluasi kinerja ketenagakerjaan dan perekonomian nasional.

Wakil Ketua Umum Apindo, Shinta W Kamdani menjelaskan pihaknya sudah menyiapkan roadmap perekonomian untuk pemerintahan yang akan datang.

"Roadmap ini sedang kami kerjakan, kalau boleh saya kasih gambaran ini memang dilakukan setiap 5 tahun dan kita sampaikan kepada pemerintah," kata Shinta di kantor Apindo, Jakarta, Kamis (11/4/2019).


Dia mengungkapkan roadmap tersebut adalah masukan-masukan yang lengkap dari dunia usaha untuk pemerintah. Menurut dia perekonomian suatu negara harus tetap memiliki konseptual yang tepat dan studi yang matang.

Isu-isu yang ada dalam roadmap tersebut adalah pembiayaan, perbankan, ketenagakerjaan, perpajakan hingga birokrasi.

"Saat ini memang sedang dalam proses dan Agustus akan kita sampaikan. Dalam Pemilu kali ini Apindo juga siap memberikan masukan ke pemerintah," ujarnya.

Ketua umum Apindo Hariyadi Sukamdani menjelaskan pihaknya juga melakukan evaluasi terhadap kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla selama 4,5 tahun terakhir.

"Memang ini bukan hal yang mudah, terutama kondisi global yang kurang kondusif dimulai dari Brexit, pemilihan Presiden AS Trump yang terpilih dan memicu perang dagang ini berimbas ke Indonesia," jelas dia.

Menurut Hariyadi dalam kondisi ini, Indonesia masih bisa tumbuh 5,17% pada 2018 lalu. Sebenarnya, kata Hariyadi angka ini bisa naik lebih tinggi lagi. Namun harus ada proses yang harus dilewati.


Pengusaha juga mengapresiasi pemerintah yang gencar membangun infrastruktur seperti ribuan kilometer jalan baru, bendungan untuk kepentingan irigasi, bandara, pelabuhan dan infrastruktur listrik.

"Membangun infrastruktur itu bukan perkara gampang. Ada sinyal positif yang semakin kencang sebetulnya," ujar dia.

Dalam acara ini hadir Ketua umum Apindo Hariyadi B Sukamdani, Wakil Ketua Umum Suryadi Sasmita, Wakil Ketua Umum Shinta W. Kamdani, Presiden Konfederasi Serikat Buruh Indonesia (KSBSI) Mudhofir, Wakil Ketua Umum Bidang OKK DPP Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Jusuf Rizal, Ketua Umum Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Syukur Sarto dan Ketua Umum Kesatuan Serikat Pekerja Nasional (KSPN) Ristadi. (kil/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed