Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 13 Apr 2019 21:15 WIB

Prabowo Sebut 4,5 Tahun RI Masih Impor, Jokowi: Perlu Tahapan

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Foto: Debat Capres Cawapres kelima (ist/KPU) Foto: Debat Capres Cawapres kelima (ist/KPU)
Jakarta - Capres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi) merespons pernyataan capres nomor urut 02 Prabowo Subianto yang menuding kinerja pemerintah 4,5 tahun terakhir soal kemandirian ekonomi masih rendah. Prabowo bilang Indonesia masih banyak mengandalkan impor dan merugikan banyak petani di Indonesia.

Jokowi lantas menjelaskan perbedaan dalam pengelolaan ekonomi makro dan mikro. Dia pengelolaan ekonomi dari sisi permintaan dan penawaran harus dipengaruhi dengan kebijakan-kebijakan pemerintah.

"Secara primer misalnya, saya kira tidak semudah itu. Artinya perlu tahapan-tahapan besar," katanya dalam debat Capres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4/2019).


Mengenai pembangunan infrastruktur yang terlalu dijadikan prioritas, kata Jokowi adalah tahapan pertama dalam kemandirian ekonomi Indonesia. Setelah itu, pemerintah akan mengintegrasikan pembangunan infrastruktur dengan kawasan-kawasan ekonomi dan pembangunan sumber daya manusia.

"Nggak mungkin bisa langsung seperti membalikkan telapak tangan. Perlu tahapan besar," ungkapnya.

"Jadi tahapan pertama pembangunan infrastruktur, kemudian pembangunan SDM, kemudian kita padukan dengan teknologi dan inovasi," jelasnya.

(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed