Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 15 Apr 2019 16:40 WIB

Mau Terapkan Kerja 12 Jam/Hari, Berapa Jumlah Harta Jack Ma?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Rachmatunnisa/detikcom Foto: Rachmatunnisa/detikcom
Jakarta - Pernyataan bos e-commerce raksasa China Alibaba, Jack Ma menjadi sorotan. Sebab, ia berencana menerapkan kebijakan kerja 12 jam/hari ke pegawainya yang dikenal dengan formula '9-9-6'.

Kebijakan ini kontroversial karena dianggap membuat pegawai terlalu bekerja keras untuk perusahaan.

Meski, Jack Ma sendiri beralasan, kebijakan ini bakal ditempuh lantaran banyak orang tidak memiliki kesempatan untuk bekerja 996. Formula 996 sendiri ialah kerja dari jam 9 pagi dan selesai jam 9 malam selama 6 hari kerja.


Lantas, berapa kekayaan Jack Ma saat ini?

Mengutip Forbes, Senin (15/4/2019), Jack Ma tercatat berada di urutan 21 daftar orang terkaya di dunia. Jack Ma memiliki kekayaan bersih US$ 40,1 miliar atau setara dengan Rp 561,4 triliun (asumsi kurs Rp 14.000).

Forbes juga memuat sejumlah informasi mengenai Jack Ma, yakni merupakan mantan guru bahasa Inggris dan pendiri salah satu e-commerce terbesar di dunia Alibaba.

Alibaba mencetak rekor penawaran saham ke publik atau dikenal sebagai initial public offering (IPO) terbesar di dunia pada 2014, dan berhasil menarik dana sebesar US$ 25 miliar.


Sebagai tambahan, di media sosial muncul berbagai respons terhadap ucapan Jack Ma, terutama protes atas kondisi kerja di perusahaan China. Aktivis karyawan teknologi lewat platform GitHub contohnya baru-baru mengkampanyekan 996 ICU di mana sistem kerja 996 disebut dapat meningkatkan risiko dirawat di intensive care unit (ICU) rumah sakit.

Dikutip dari CCTV, kematian karena kelelahan bekerja atau yang populer disebut karoshi semakin menjadi masalah serius di China bahkan mengalahkan Jepang. Pada tahun 2014 beberapa perhitungan melaporkan angka kematian berkaitan dengan pekerjaan menyentuh angka sekitar 600.000 jiwa. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com