Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 16 Apr 2019 13:41 WIB

Harapan Ritel ke Presiden Terpilih: Jaga Pengusaha Besar

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Foto: Danang Sugianto/detikFinance Foto: Danang Sugianto/detikFinance
Jakarta - Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) berharap, presiden yang terpilih dapat memberikan rasa aman pada masyarakat. Sehingga, para pengusaha bisa menjalan bisnis dengan nyaman.

Wakil Ketua Umum Aprindo Tutum Rahanta juga berharap, presiden terpilih menjaga para pengusaha ritel besar meski juga turut mendorong bisnis ritel kecil. Tutum bilang, tak jarang pengusaha ritel besar disalahkan karena dianggap mengganggu bisnis ritel kecil.

"Biasanya kalau jual punya nama, wah, yang diteriakkan rakyat kecil, tapi yang dimarahi rakyat gede, lari pengusaha gede," ujarnya kepada detikFinance, Selasa (16/4/2019).

"Rakyat kecil bantu silakan itu memang keharusan negara. Tapi dengan membela kecil mengganggu yang gede, nggak bener," ujarnya.


Dia pun memberi contoh, di daerah ada minimarket yang tumbuh dan telah melayani masyarakat dengan baik. Namun, kemudian bisnisnya dianggap menghalangi bisnis kecil.

"Silahkan, kita dukung (bisnis kecil), tapi jangan ganggu yang baik, you bela aja," ujarnya.

Dia mengatakan, bisnis besar itu kemudian 'diganggu' seperti sulit mendapatkan izin usaha. Tutum mengatakan, itu ialah salah satu contoh di daerah.

"Kadang-kadang dipersulit izinnya, contoh-contohnya lah, membela ini, tapi yang satunya dipersulit. Itu contoh. Tapi kan lebih ke per daerah," terangnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
Layar Pemilu
×
Nalar, Mental, Psikologis Usai Kompetisi
Nalar, Mental, Psikologis Usai Kompetisi Selengkapnya