Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 17 Apr 2019 23:02 WIB

Jokowi Unggul di Quick Count, Ini Respons Pengusaha Ritel

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Ray Jordan/detikcom Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Capres-cawapres nomor urut 01 Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin sejauh ini menang versi hitung cepat alias quick count sejumlah lembaga survei. Ada sejumlah harapan yang disampaikan pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo).

Wakil Ketua Aprindo Tutum Rahanta mengatakan, hal pertama yang diharapkan dari Jokowi adalah bisa berlaku adil terhadap peritel besar maupun usaha kecil menengah (UKM). Dia melihat dalam kesempatan tertentu Jokowi ingin mendorong pertumbuhan UKM.

"Kita melihat bahwa urusan pelaku usaha kecil ini kan memang selalu yang diangkat di dalam kampanye kan. Nah kalau itu sudah menjadi program mereka ya lakukan saja, tapi yang besar itu tidak boleh diganggu itu," katanya saat dihubungi detikFinance, Jakarta, Rabu (17/4/2019).

Dalam hal ini, pemerintahan 5 tahun ke depan harus bisa berlaku bijak memperlakukan keduanya.


"Jangan anda ingin membantu si kecil, yang besar yang baik harus tetap didukung, karena yang memompa ekonomi ini kan tetap pelaku usaha besar," jelasnya.

Dia juga berharap pemerintahan baru bisa berlaku adil terhadap peritel konvensional dan peritel online.

"Itu harus tetap dibetulkan bahwa setiap perdagangan harus diberikan keadilan, itu saja terjemahkan saja. Jadi tidak ada pilpres pun harus dijalankan," paparnya.

Disamping itu pemerintahan nanti harus mampu menjaga kondisi ekonomi makro Indonesia. Itu pada akhirnya ada kaitannya dengan tingkat konsumsi masyarakat.

"Ritel ini tetap dibutuhkan masyarakat kok, mana bisa lesu. Hanya tingkat konsumsinya bisa turun naik turun naik tergantung ekonomi makro kita," tambahnya.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com