ADVERTISEMENT
Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 10:51 WIB

3 Wejangan Basuki untuk 1.000 CPNS Kementerian PUPR

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Trio Hamdani/detikFinance Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) hari ini menggelar acara Pelepasan CPNS 2017 dan Penyerahan CPNS 2018. Dalam kesempatan tersebut, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono memberi wejangan ke para CPNS.

Basuki mengingatkan 3 hal yang harus dipegang oleh para CPNS Kementerian PUPR, yaitu mission oriented, team work, dan profesional. Itu diperlukan demi menciptakan SDM yang andal di Kementerian PUPR.

"Orang PU itu ada 3, (pertama) mission oriented. Jangan pulang sebelum mission accomplished. Pada saat mau dikirim ke NTB, berapa bulan di Lombok, 6 bulan, sebelum misi selesai tidak boleh pulang. Pada saat mau dikirim hanya 2 hari, saya kumpulkan, ada yang nanya 'pak besok harus bawa apa?' 'Bawa kolormu' saya bilang. Semua harus siap," kata Basuki di Gedung Pewayangan Kautaman TMII, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Selanjutnya yang kedua adalah team work, yaitu CPNS Kementerian PUPR harus bekerja secara tim. Sebab jika mengandalkan individu tidak akan berhasil melaksanakan tugas.

Lanjut Basuki, hal ketiga yang harus diperhatikan adalah profesional. Para CPNS Kementerian PUPR harus bekerja berlandaskan profesionalisme.


"Kemudian kedua team work. Tidak ada di PU bisa dikerjakan sendiri, semua harus bersama. Ketiga profesional. Profesional, tahu apa yang jadi tugasnya dan tanggung jawab terhadap tugas yang dikerjakan," tambahnya.

Sekjen Kementerian PUPR Anita Firmanti Eko, dalam acara yang sama mengatakan, jumlah CPNS baru 2018 di kementeriannya ada sebanyak 1.027, itu terdiri dari 993 CPNS yang ikut rekrutmen di Kementerian pada, dan 34 CPNS yang direkrut Kementerian Keuangan namun dipindahkan ke Kementerian PUPR.

"Ada 993 CPNS formasi 2018 yang akan mengikuti pembinaan awal. Ada 34 CPNS yang direkrut Kementerian Keuangan tapi sudah diberikan kepada kementerian PUPR," tambahnya.

(ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com