Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 12:37 WIB

Stok Beras di Kendari Aman hingga Lebaran, Harga Bawang Naik

Sitti Harlina - detikFinance
Foto: Sitti Harlina/detikcom Foto: Sitti Harlina/detikcom
Kendari - Stok beras di Gudang Bulog Kendari diperkirakan aman hingga perayaan Idul Fitri. Hal tersebut berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Dirjen Perdagangan Dalam Negeri, Tjahya Widayanti saat berkunjung langsung di Gudang Bulog Kendari, Senin (22/4/2019).

Stok beras yang ada saat ini yakni 3.400 ton dan stok itu diperkirakan bisa mencukupi memasuki ramadan hingga Idul Fitri mendatang.

"Ini barusan kita cek langsung, stok beras aman, mencukupi hingga lebaran, jadi masyarakat tidak perlu khawatir," katanya.


Selain beras, pantauannya juga terhadap gula yang ada di Gudang Bulog dinyatakan aman. Saat ini gula yang masuk mencapai 208 ton tapi masih ada dalam perjalanan.

"Stoknya diperkirakan mencapai 500 ton, jadi ibu-ibu yang suka manis-manis jelang Lebaran jangan takut," tukasnya.

Ia juga menekankan kepada Bulog untuk terus memantau harga di pasar, mana kala kondisinya tidak stabil dan ada gejolak maka Bulog harus melakukan penetrasi pasar sehingga harga tetap aman.

Harga bawang naik

Selain beras, Tjahya juga mengecek harga bawang. Berdasarkan pantau di lapangan harga bawang merah dan bawang putih melonjak, namun kata Tjahya lonjakan harga tersebut tidak hanya terjadi di Kendari.

"Tadi pantauannya di pasar harga bawang merah dan bawang putih naik, tapi itu juga terjadi di beberapa daerah, seperti Ambon, Medan dan Jakarta,"katanya.

Harga bawah yang ia pantau di pasar tradisional Kota Kendari mencapai angka Rp 50.000 per kilogramnya. Namun hal tersebut telah diantisipasi dengan menurunkan importir langsung serta distributor untuk menjual ke end user.

"Kita kan sudah gandeng end user untuk turun langsung, jadi nanti kalau turun itu harganya per kilogram Rp 32.000, sementara jika dibeli grosir harganya Rp 20.000," katanya.

Kedatangannya di Kota Kendari hari itu untuk mengecek harga di pasar jelang Ramadan dan Idul Fitri kelak. Ia memastikan pihaknya akan terus melakukan pantauan harga dan stok hingga stabil.

Sementara untuk kebutuhan lainnya tetap stabil, seperti harga daging masih normal yakni Rp 120.000 per kilogram. Ia berharap agar kondisi tersebut bisa terus terjaga sehingga kebutuhan masyarakat juga tetap aman. (ang/ang)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed