Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 18:38 WIB

Susun APBN 2020, Sri Mulyani: Infrastruktur Tetap Jalan

Hendra Kusuma - detikFinance
Foto: Instagram @smindrawati Foto: Instagram @smindrawati
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini membahas APBN 2020 bersama dengan sejumlah menteri. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan APBN 2020 menyusun sejumlah kerangka dasar yang nantinya akan disampaikan ke DPR.

"Jadi kalau untuk makro, asumsinya waktu itu kita masih menyampaikan dalam bentuk range dan kita memberikan sekarang dalam bentuk point estimate. Tapi itu nanti saya sampaikan kalau sudah ke DPR," kata Sri Mulyani di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (22/4/2019).

Kerangka dasar yang telah disusun akan dipakai sebagai acuan dalam menentukan APBN 2020. Hal ini kata Sri Mulyani perlu dilakukan meski belum diketahui pemerintahan siapa yang akan berlangsung selanjutnya.

"Jadi tadi kita menampung bagaimana menyusun baseline budget dulu, kemudian menghitung yang sifatnya prioritas," katanya.



Beberapa program prioritas tersebut kata dia adalah peningkatan mutu Sumber Daya Manusia (SDM), hingga program pembangunan infrastruktur yang tetap akan dijalankan.

"Infrastruktur tetap akan jalan dan pembangunan di daerah bencana, itu semuanya masuk," katanya.

"Jadi fokus kita tadi bagaimana koordinasi dan konsolidasi program-program pemerintah dan K/L agar anggaran tidak tumpang tindih dan juga dampaknya lebih positif," tambahnya.

(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com