Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 22 Apr 2019 19:04 WIB

Tenaga Kerja RI bakal Makin Banyak Magang di Luar Negeri

Hendra Kusuma - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto Ilustrasi/Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Tahun depan, pemerintah akan fokus dalam program peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM). Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri mengatakan pemerintah akan lebih banyak menciptakan tenaga kerja yang terampil dari sisi skill di berbagai sektor prioritas.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam meningkatkan produktivitas adalah pemberian insentif untuk dunia usaha berupa super deduction tax. Hal ini diharapkan bisa mendorong dunia usaha menaikkan partisipasi swasta dalam penciptaan lapangan kerja di Indonesia.

"Sehingga ibaratnya kalau kita mau invest SDM, duit nggak harus keluar terlalu banyak kalau swasta terlibat," ujar Hanif saat ditemui di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (22/4/2019).



Selain itu, pemerintah juga akan memperbanyak program magang kerja di luar negeri. Hal ini demi meningkatkan kualitas dan kemampuan tenaga kerja sesuai yang dibutuhkan oleh dunia usaha.

"Berbagai bentuk skema pemagangan dalam dan luar negeri harus digenjot. Dengan begitu maka saya percaya penciptaan tenaga kerja, skill nya lebih masif," katanya.

Pemerintah juga akan menggunakan kartu prakerja untuk memberikan kesempatan lebih banyak bagi tenaga kerja Indonesia meningkatkan mutunya. Di antaranya penyediaan sejumlah paket pelatihan dan sertifikasi, kemudian ditambah insentif tertentu yang sedang disiapkan formulanya.

"Pokoknya pembangunan SDM itu gregetnya harus berasa seperti pembangunan infrastruktur kemarin. Jadi ketika orang demam infrastruktur kan empat tahun terakhir ini, ke depan harus kita buat jadi demam pembangunan SDM," ungkapnya.

(eds/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed