Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 12:19 WIB

Jelang Puasa, Harga Bawang Putih di Semarang Menanjak

Angling Adhitya Purbaya - detikFinance
Foto: Operasi Pasar Bawang Putih di Semarang (Angling Adhitya Purbaya/detikFinance) Foto: Operasi Pasar Bawang Putih di Semarang (Angling Adhitya Purbaya/detikFinance)
Semarang - Harga bawang putih menjadi hal yang diantisipasi menjelang bulan Ramadhan dan Lebaran. Di Semarang operasi pasar untuk bawang sampai dilakukan.

Staf Khusus Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Antar Lembaga Eva Yuliana dan berbagai pihak melakukan sidak salah satunya di relokasi pasar Johar Semarang di dekat Masjid Agung Jawa Tengah.

Mulai dari penjual daging, beras, bawang, cabai dan komoditi lainnya. Dari pantauan tersebut harga bawang putih paling diantisipasi karena naik cukup tinggi.


Dalam pantauan hari ini harga bawang putih mencapai Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribu per kilogram. Harga mulai naik sekitar bulan Maret dari harga sebelumnya sekitar Rp 20 ribu per kilogram.

"Sekarang ini sampai Rp 50 ribu. Dampaknya penurunan pembelian, yang biasa beli 20 kg jadi 5 kg," kata salah satu pedagang, Sajiyem, Rabu (24/4/2019).

Hari Senin (22/4) lalu Dinas Perdagangan Kota Semarang melakukan operasi pasar 5 ton bawang putih di relokasi pasar Johar dan sanggup menekan harga menjadi Rp 32 ribu per kilogram.

Namun menurut kepala pasar Johar, Haris Budi, jumlah operasi pasar tersebut hanya cukup untuk satu hari karena perputaran bawang putih di sana 5 tom per hari.

"Harganya Rp 32 ribu langsung habis. Informasinya akan ada lagi," kata Haris.

Meski demikian menurut para pedagang kenaikan kali ini sedikit lebih rendah dibanding periode yang sama tahun lalu. Menjelang Ramadhan atau lebaran tahun lalu harga bawang putih sempat mencapai Rp 60 ribu per kilogram.


Sementara itu Eva menjelaskan, upaya menjaga kestabilan harga terus dilakukan. Untuk bawang putih, kerjasama dengan importir dilakukan namun tetap menjaga pasokan dari petani lokal.

"Koordinasi agar operasi pasar berjalan dengan baik. Kerjasama dengan importir dan petani lokal. Seperti perintah pak presiden untuk tingkatkan produksi lokal," jelas Eva.

Terkait komoditi lain, Eva menjelaskan semua harga stabil. Bahkan untuk daging sapi selama 3 tahun ini harga stabil di hari raya. Di Johar setidaknya harga daging sapi berkisar Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu per kilogram.

"Daging sapi dalam 3 tahun ini di Semarang stabil. Harga telur nakk sedikit," pungkasnya.

Harga telur mengalami kenaikan Rp 1.000 per kilogram. Bawang merah juga mengalami kenaikan dari sekitar Rp 18 ribu saat ini sekitar Rp 25 ribu per kilogram. Untuk beras, cabai, kacang dan lainnya masih stabil.

Saat ini Eva masih berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah daerah, satgas pangan, bulog, dan lainnya untuk pemantauan harga.


Tonton video Jelang Ramadan, Jokowi Wanti-wanti Harga Kebutuhan Pokok:

[Gambas:Video 20detik]


Jelang Puasa, Harga Bawang Putih di Semarang Menanjak
(alg/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com