Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 24 Apr 2019 17:00 WIB

KEIN Dorong Lahirnya Ribuan Pengusaha

Moch Prima Fauzi - detikFinance
Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom Foto: Moch Prima Fauzi/detikcom
Jakarta - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) mendorong lahirnya penciptaan pengusaha baru dalam mengurangi kesenjangan ekonomi. Ketua KEIN Soetrisno Bachir percaya langkah ini dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia dalam lima tahun ke depan sebesar 6%.

"Pak Jokowi periode kedua ini insyaallah akan memprioritaskan sumber daya manusia. Nah, KEIN sudah diberikan tantangan yang dikatakan Pak Jokowi," kata Soetrisno di Jakarta, Rabu (24/4/2019).

"Sumber daya manusia yang utama menurut KEIN adalah bagaimana menciptakan pengusaha-pengusaha baru itu bisa menyerap tenaga kerja (sebanyak) puluhan bahkan ribuan," imbuhnya.


Saat ini, kata dia, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah dan sedang membuat Balai Latihan Kerja (BLK) untuk menciptakan pekerja terampil. Namun perlu juga mendorong agar para pekerja terampil tersebut bisa menciptakan usaha baru.

Oleh karena itu menurutnya di samping melaksanakan vokasi-vokasi untuk mencetak pekerja terampil, pemerintah juga perlu mendorong pekerja terampil yang dapat menciptakan lapangan kerja.

"Karena kita yakin pengusaha itu lahir dari tiga tempat. Satu dari keturunan, (dua) karena lingkungan, tapi yang paling penting sekarang itu lewat pendidikan, dilahirkan, diciptakan, melalui pendidikan maupun latihan," ungkap Soetrisno.


"Ini lah tugas negara, tugas pemerintah, BLK-BLK itu menciptakan di samping tenaga terampil tapi juga pengusaha-pengusaha mereka terampil itu," tambah dia.

Di samping mendorong lahirnya pengusaha baru Soetrisno juga memandang penting adanya kemudahan perizinan usaha. (prf/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed