Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 01 Mei 2019 20:36 WIB

Round-Up 5 Berita Terpopuler

Tarif Baru Ojol Berlaku, Rizal Ramli Kritik Rencana Ibu Kota Baru

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Halaman 1 dari 4
Foto: Pradita Utama Foto: Pradita Utama
Jakarta - Tarif baru ojek online (ojol) mulai berlaku Rabu (1/5/2019). Untuk sementara, tarif baru tersebut berlaku di lima kota.

"Kita akan mulai berlakukan di 5 kota, yaitu di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Makassar," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi di kantornya, Jakarta Pusat, Selasa (30/4/2019).

Menurut Keputusan Menteri Perhubungan nomor KP 348 tentang Pedoman Perhitungan Biaya Jasa Penggunaan Sepeda Motor Yang Digunakan Untuk Kepentingan Masyarakat Yang Dilakukan Dengan Aplikasi, ada aturan mengenai besaran biaya jasa batas bawah, biaya jasa batas atas, biaya jasa minimal, yang ditetapkan berdasarkan sistem zonasi, yaitu:

Zona I meliputi wilayah: 1. Sumatera dan sekitarnya; 2. Jawa dan sekitarnya selain Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi; dan 3. Bali.
Zona II meliputi wilayah: Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
Zona III meliputi wilayah: 1. Kalimantan dan sekitarnya; 2. Sulawesi dan sekitarnya; 3. Kepulauan Nusa Tenggara dan sekitarnya; 4. Kepulauan Maluku dan sekitarnya; dan 5. Papua dan sekitarnya.

Selain soal tarif baru ojol, berita terpopuler lainnya adalah kritik keras Rizal Ramli ke Presiden Jokowi. Rizal menyebut rakyat tidak butuh ibu kota baru, tetapi presiden baru.

Berikut 5 berita terpopuler detikFinance sepanjang Rabu (1/5/2019). (hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com