Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 10:14 WIB

Anies Siapkan 145 Ton Bawang Putih Impor untuk Stabilkan Harga

Arief Ikhsanudin - detikFinance
Foto: arief/detikcom Foto: arief/detikcom
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai memasok bawang putih impor untuk mengendalikan harga. Pemerintah berencana menyiapkan 145 ton bawang putih secara bertahap.

"Sekitar 29 ton, 30 ton (sudah ada), hari-hari ke depan akan datang terus sekitar rata-rata 5 kontainer per kontainer 29 ton. Jadi sekitar 145 ton, dari kebutuhan sehari sekitar 30 ton. Per hari 30 ton berarti 5 hari butuhnya sekitar 150 ton dan kita punya pasokan 145 ton," ucap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, Selasa (7/5/2019).

Anies berharap, dengan adanya tambahan pasokan, harga bawang putih kembali stabil di angka di bawah Rp 20.000. Di perkulakan grosir milik Pemprov, JakGrosir harga barang putih dijual Rp 600.000 per 20 kg atau Rp 30.000 per kg.

"Jadi harganya kalau di sini Rp 30.000 per kg nanti di eceran sedikit di atasnya, tapi yang penting adalah pasokan supply-nya tersedia," ucap Anies.


"Jadi harapannya, untuk warga Jakarta kita akan bisa terpenuhi lagi kebutuhan untuk bawang putih dan harganya bisa kembali terjangkau," ujar Anies.

Sementara itu, Kepala Dinas KPKP DKI Jakarta, Darjamuni, menyebut masuknya bawang putih impor untuk mengendalikan kenaikan harga selama Ramadhan sampai Idul Fitri.

"Ini insyaallah sampai lebaran harganya aman," ucap Darjamuni di lokasi yang sama.



Simak Juga 'Mentan Pastikan Harga Bawang Putih Stabil Selama Ramadhan':

[Gambas:Video 20detik]

Anies Siapkan 145 Ton Bawang Putih Impor untuk Stabilkan Harga
(aik/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed