Ingat! Kerja Baru Sebulan Juga Dapat THR

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 07 Mei 2019 12:06 WIB
Foto: Tim Infografis: Fuad Hasim
Jakarta - Pekerja atau buruh dengan masa kerja relatif baru tak perlu khawatir tidak mendapat Tunjangan Hari Raya (THR). Sebab, pekerja yang masih baru berhak atas THR asal telah memiliki masa kerja satu bulan.

Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 6 Tahun 2016 tentang Tunjangan Hari Raya Keagamaan bagi Pekerja/Buruh di Perusahaan.

"Pengusaha wajib memberikan THR Keagamaan kepada pekerja/buruh yang telah mempunyai masa kerja 1 (satu) bulan secara terus menerus atau lebih," bunyi Pasal 2 ayat 1 seperti dikutip detikFinance, Selasa (7/5/2019).


Tonton video di bawah ini untuk mengetahui skema, komponen, dan pencairan THR.

[Gambas:Video 20detik]



Pada Pasal 2 ayat 2 dijelaskan, THR Keagamaan diberikan kepada pekerja/buruh yang mempunyai hubungan kerja dengan pengusaha berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

Besaran THR Keagamaan diatur dalam Pasal 3 ayat 1. Untuk pekerja yang mempunyai masa kerja 12 bulan secara terus-menerus atau lebih diberikan sebesar 1 bulan upah.

Sementara, untuk masa kerja 1 bulan secara terus menerus tetapi kurang dari 12 bulan, diberikan secara proporsional sesuai masa kerja.



Ingat! Kerja Baru Sebulan Juga Dapat THR
(fdl/fdl)