Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 14:18 WIB

Dapat THR Dipakai Buat Mudik, Bisa Nggak Ya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Pradita Utama Ilustrasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Lebaran sebentar lagi, Tunjangan Hari Raya alias THR pun menjadi yang ditunggu-tunggu banyak orang. Bukan hanya THR, jelang Lebaran pun menjadi momen mudik yang membutuhkan dana cukup banyak.

Lalu, bisa nggak sih THR dipakai buat mudik?

Perencana Keuangan Financia Consulting Eko Endarto mengatakan bahwa THR tidak bisa digunakan untuk mudik. Menurutnya, dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk mudik apalagi jika lokasi yang dituju jauh.

"Kalau pakai uang THR itu nggak akan cukup ya buat mudik. Belum lagi kalau yang mudiknya jauh pasti butuh uang banyak, kebutuhan Lebaran aja sudah mahal apalagi kalau harga naik," ungkap Eko kepada detikFinance, Selasa (7/5/2019).


Untuk itu Eko menyarankan jangan menggunakan THR untuk mudik. Eko menilai THR tidak akan cukup untuk mudik.

"Sethau saya sepengalaman saya, THR nggak akan pernah cukup untuk memenuhi biaya mudik Lebaran, saya nggak recommend mudik pakai uang THR," kata Eko.

Untuk mudik, Eko lebih merekomendasikan untuk menggunakan tabungan. Mereka yang berencana mudik harus mempersiapkan uang dari jauh-jauh hari.

"Saya sarankan, harusnya punya simpanan untuk mudik Lebaran. Kan lebaran setahun sekali, mudiknya pun nggak setiap hari, jadi harusnya nabung kalau buat mudik sih," ungkap Eko.

Tonton video di bawah ini untuk mengetahui skema, komponen, dan pencairan THR.

[Gambas:Video 20detik]

(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com