Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 07 Mei 2019 15:00 WIB

Lebaran di Tanggal Muda, Jangan Lupa Sisihkan THR Buat Cadangan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho Ilustrasi/Foto: Muhammad Ridho
Jakarta - Tunjangan Hari Raya alias THR sudah banyak diperbincangkan sedangkan Lebaran diperkirakan jatuh awal Juni mendatang. Jatuhnya Lebaran pada tanggal muda alias awal bulan harus diperhatikan khususnya dalam menjaga kesehatan keuangan.

Perencana Keuangan Financia Consulting Eko Endarto mengatakan Lebaran yang jatuh pada awal bulan jangan menjadi ajang untuk menghabiskan THR. Dia menyarankan agar menyisihkan THR untuk cadangan kebutuhan hingga gaji berikutnya

"Yang penting juga harus diingat adalah sekarang Lebaran di awal bulan, berati gajian berikutnya masih lama kan, maka siapkan lah uang cadangan," ungkap Eko kepada detikFinance, Selasa (7/5/2019).


Menurut Eko setidaknya, setengah biaya pengeluaran bulanan harus disisihkan dari total THR. Hal itu agar kebutuhan hidup sampai akhir bulan bisa terpenuhi dengan baik.

"Siapkan lah setengah biaya pengeluaran bulanan buat uang cadangan. Hal itu dilakukan agar kita masih bisa hidup sampai ke gajian berikutnya," kata Eko.

Selain menyisihkan untuk biaya bulanan, Eko juga menyarankan menyisihkan THR untuk membayar utang. Setidaknya, 10-30% THR digunakan untuk membayar utang.

"Kalau bisa pertama THR itu bisa digunakan untuk dana mengurai utang. Sekitar 10-30% lah dari THR-nya, sisanya buat kebutuhan Lebaran, kan jumlahnya lumayan," ungkap Eko.




Lebaran di Tanggal Muda, Jangan Lupa Sisihkan THR Buat Cadangan
(ara/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com