Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 08 Mei 2019 12:08 WIB

Masih Ada yang Jual Bawang Putih Rp 80.000/Kg di Jambi

Ferdi Almunanda - detikFinance
Foto: Bawang Putih - Faruk/detikcom Foto: Bawang Putih - Faruk/detikcom
Jambi - Harga bawang putih di pasar modern Angso Duo Jambi mulai berangsur turun. Turunnya harga bawang putih itu dikarenakan kebutuhan bawang putih di pasaran mulai terpenuhi setelah Pemprov Jambi mendatangkan bawang putih dari Jakarta menuju Jambi sebanyak 44 ton.

Harga bawang putih yang sebelumnya mahal hingga 3 kali lipat itu dengan tembus mencapai Rp 100 serta 90 ribu/kilogramnya, kini turun menjadi Rp 50-60 ribu/kg. Namun harga itu berbeda dari harga yang disampaikan oleh pihak Pemprov Jambi yang mana harga bawang putih saat ini di angka Rp 45 ribu/kg.

"Harga bawang putih memang sudah turun tetapi tidak Rp 45 ribu/kg. Saya tadi beli bawang putih di pasar angso duo masih Rp 60 ribu/kg. Bahkan masih ada yang jual Rp 80 ribu/kg tetapi yang jual mahal kita mah mana mau beli kita tetap cari yang harga murah lah," kata Hendriyati pedagang sayuran di komplek perumahan di Jambi kepada detikFinance, Rabu (8/5/2019).


Hendriyati yang sehari-sehari selalu berbelanja di pasar angso dua itu untuk dijualnya kembali di komplek perumahan itu mengaku dengan tingginya harga bawang putih membuat ia harus membeli bawang putih dalam jumlah sedikit karena terbilang mahal.

"Biasanya kalau harga normal bisa saya beli 1 kg atau 2kg karena saya jual lagi di komplek perumahan. Tetapi kalau sekarang saya belinya 1/2 kg saja karena mahal. Pembeli di komplek perumahan kadang juga tidak semuanya membeli bawang putih karena tau harga naik. Jadi mereka lebih banyak berhemat dengan memakai bawang putih itu seadanya yang mereka beli sebelumnya," ujarnya.

Sementara Pemprov Jambi telah berupaya menekan harga bawang putih di pasaran dengan cara mendatangkan bawang putih dari Jakarta ke Jambi dalam jumlah besar.


Bahkan Pemprov Jambi berupaya meminta kepada pedagang di pasaran Jambi agar tidak menaikkan harga dengan semena-mena yang dapat memberatkan masyarakat.

"Ya kalau ada yang menjual harga bawang di angka 80 ribu saat ini nantinya mereka yang bakal rugi karena ditinggalkan konsumen mereka. Kalau masih Rp 50 ribu mungkin masih sesuai karena apa yang kita lakukan saat ini dengan mendatangkan bawang putih," ujar Kadis Perindag Provinsi Jambi, Ariansyah saat dihubungi detikcom.

Berikut harga sembako saat ini di pasaran Jambi dari data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Provinsi Jambi :

Cabe merah besar Rp 28ribu/kg
Cabe merah keriting Rp 30ribu/kg
Bawang merah Rp 26ribu/kg
Cabe Rawit Rp 28ribu/kg
Telur ayam broiler Rp 24ribu/kg
Telur ayam kampung Rp 36ribu/kg
Gula pasir Rp 12ribu/kg
Minyak goreng curah Rp 9ribu/liter
Tepung terigu Rp 10ribu/kg (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com