Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 10 Mei 2019 14:12 WIB

RI Mau 'Curi' Turis di Thailand dan Malaysia, Ini Caranya

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Sylke Febrina Laucereno Foto: Sylke Febrina Laucereno
Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan telah menggelar pertemuan dengan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Pihaknya ingin menggaet turis-turis di Thailand Malaysia, hingga Singapura untuk datang ke Indonesia.

"Jadi kita mau bagaimana cara memindahkan penumpang-penumpang yang sekarang ada di Thailand, Malaysia sama Singapura bisa diangkut ke kita," katanya ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Kemaritiman, Jakarta, Jumat (10/5/2019).

Pihaknya ingin menjaring turis-turis tersebut masuk ke Indonesia dengan mendorong penerbangan rute internasional.


"Karena sekarang ini ada gap jumlah turis yang ada di Malaysia, Singapura dan Thailand ini cukup banyak dibandingkan yang ke Indonesia. Jadi masih ada selisih, selisihnya itu kan bisa di-create untuk Jakarta," ujarnya.

Budi menjelaskan ada dua alternatif yang bisa dilakukan. Pertama, dengan meneruskan penerbangan maskapai asing ke Indonesia. Kedua, maskapai dalam negeri yang menjemput para turis lewat penerbangan internasional.

"Caranya dua, caranya meneruskan penerbangan dari internasional, itu saya nggak setuju. Yang kita setuju adalah penerbangan dalam negeri yang jemput," paparnya.


Budi bakal menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan pembicaraan bersama pihak maskapai. Saat ini belum diketahui maskapai mana yang bersedia.

"Belum, belum (ada maskapainya), lagi kita bicarakan. Itu ide, nanti kita ajak (maskapai) penerbangan ya," tambahnya. (zlf/zlf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com