Round-Up 5 Berita Terpopuler

Fadli Zon Sebut Rezim Gagal, Deretan Kritik ke Menkeu soal Utang

Hans Henricus BS Aron - detikFinance
Sabtu, 18 Mei 2019 20:35 WIB
Fadli Zon Sebut Rezim Gagal, Deretan Kritik ke Menkeu soal Utang
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi PudjiastutiFoto: ANTARA FOTO

Kantor Ditjen PSDKP Digeledah KPK, Susi Buka Suara

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti memberikan keterangan soal penggeledahan pada Kamis (16/5/2019) oleh KPK di Kantor Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP). Susi mengatakan KKP mendukung penuh upaya dan tindakan yang perlu dilakukan KPK dalam rangka pelaksanaan penegakan hukum.

"Penggeledahan memang tindakan yang perlu dilakukan dalam penegakan hukum oleh KPK karena penggeledahan adalah hak dari KPK sesuai dengan UU KPK. Kami memahami itu sebagai suatu hal yang biasa dan wajar serta legal untuk mendapatkan barang bukti dari dugaan tindak pidana korupsi. Oleh sebab itu, KKP mempersilakan dan kita selalu akan kooperatif bekerja sama dengan KPK untuk memperlancar tugas-tugas KPK," tutur Susi dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).


Kian Bengkak, Utang Luar Negeri RI Tembus Rp 5.542 T

Utang Luar Negeri (ULN) Indonesia tercatat mengalami pertumbuhan pada kuartal I 2019. Dari data statistik ULN Bank Indonesia ULN mencapai lebih dari Rp 5.000 triliun.

Disebutkan dalam komposisi tersebut ada ULN pemerintah dan ULN swasta. Masing-masing meningkat setiap bulan dan setiap triwulan. Berdasarkan data Bank Indonesia, utang luar negeri terdiri dari utang pemerintah dan bank sentral sebesar US$ 190,5 miliar atau Rp 2.724,1 triliun.

Kemudian, utang swasta termasuk badan usaha milik negara (BUMN) US$ 197,1 miliar Rp 2.818,5 triliun. Mau tahu berapa dan apa saja penyebab bengkaknya ULN Indonesia ini? Berikut berita selengkapnya


(hns/eds)