Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 21 Mei 2019 17:20 WIB

Minat Masyarakat Mudik Pakai Pesawat Turun di 2019

Trio Hamdani - detikFinance
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Antusias masyarakat menggunakan pesawat saat mudik tahun ini diperkirakan menurun dibandingkan mudik tahun lalu. Penurunan pertumbuhan pengguna pesawat diperkirakan sebesar 2,11%.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana B Pramesti mengatakan, tahun ini pertumbuhan penumpang pesawat saat mudik diperkirakan sebesar 2,38% sementara mudik tahun lalu tumbuh 4,49%. Itu untuk penerbangan domestik.

Hal itu disampaikannya dalam rapat koordinasi terkait finalisasi kesiapan penyelenggaraan angkutan lebaran tahun 2019 di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta.

"Perkiraan memang tahun ini akan ada penurunan pertumbuhan jumlah penumpang, di mana sebelumnya tahun 2018 growth-nya penerbangan domestik 4,49%, lebaran tahun ini diprediksi 2,38%," kata Polana dalam paparannya, Selasa (21/5/2019).


Tak hanya penerbangan domestik, untuk penerbangan internasional juga terjadi penurunan pertumbuhan jumlah penumpang.

"Sedangkan penerbangan luar negeri tahun lalu 11%, tahun ini turun jadi 7,8%," jelas dia.


Polana menambah, saat ini ada 36 bandara yang melayani penerbangan saat mudik 2019. Bandara-bandara tersebut dikelola oleh Angkasa Pura I dan Angkasa Pura II serta beberapa dikelola secara KPBU atau kerjasama pemerintah dengan badan usaha.

"Dari 36 bandara domestik, 13 dari bandara Angkasa Pura I, 13 Angkasa Pura II, 9 KPBU, dan 1 Bandara Batam," tambahnya. (dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed