Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 22 Mei 2019 11:00 WIB

Harga Pangan di Solo Tetap Stabil Pasca Pengumuman Pilpres

Bayu Ardi Isnanto - detikFinance
Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom
Solo - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Surakarta memastikan harga bahan pangan stabil usai KPU mengumumkan hasil Pemilu 2019. Bahkan, hampir seluruh bahan pokok mengalami penurunan harga.

Anggota TPID dari Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Surakarta, M Taufik Amrozy, mengatakan isu keamanan pasca pemilu memang bisa berpengaruh terhadap distribusi barang, namun saat ini, kata dia, kondisi di Solo cukup kondusif.

"Memang kemarin sempat ada info lonjakan harga akibat isu-isu seperti demonstrasi. Tapi hari ini kita cek sudah normal, bahkan harga-harga turun," kata Taufik usai memantau harga bahan pangan di Pasar Legi, Solo, Rabu (22/5/2019).


Menurutnya, lonjakan harga tersebut hanya dampak psikologis. Dia juga memperkirakan harga-harga bahan pokok tetap stabil hingga lebaran.

"Mungkin lonjakan yang kemarin itu hanya syok. Mungkin karena melihat berita-berita, kan mempengaruhi psikologi massa ya," ujarnya.

Mengenai pasokan bahan pokok, Taufik juga memastikan dalam kondisi aman. Masyarakat diminta tak perlu khawatir mengenai ketersediaan bahan pangan.

"Solo selama beberapa tahun ini tidak bermasalah dengan distribusi. Masyarakat tidak perlu khawatir," ujarnya.


Terkait pantauan harga, bawang putih yang sempat di harga Rp 70 ribu per kg sebelum Ramadan, kini turun hingga Rp 27 ribu per kg. Daging ayam masih stabil di harga Rp 32 ribu per kg.

Cabai rawit merah turun hingga Rp 2 ribu, di kisaran harga Rp 8 ribu. "Cabai merah besar ada yang naik ada yang turun, kisarannya di harga Rp 20 ribu sampai Rp 22 ribu," kata pedagang cabai, Wahyuni. (bai/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed