Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 17 Mei 2019 16:10 WIB

Dukung Sampoerna Berdayakan UKM, Menperin: Semoga Jadi Contoh

Akfa Nasrulhak - detikFinance
Foto: Dok. Sampoerna Foto: Dok. Sampoerna
Jakarta - Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengapresiasi program pemberdayaan usaha kecil menengah (UKM) sektor ritel, Sampoerna Retail Community (SRC), yang dilakukan oleh PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna). Setelah berjalan 11 tahun, jaringan SRC telah menjangkau 105.000 peritel tradisional di 34 provinsi di Indonesia.

"Sampoerna Retail Community (SRC) sebagai wadah UKM ritel merupakan salah satu contoh program pemberdayaan UKM khususnya peretail tradisional di tingkat nasional yang berhasil," ujar Airlangga dalam keterangannya di sela-sela HUT ke-11 SRC di Jakarta, Jumat (17/5/2019).

Aplikasi "AYO SRC" merupakan terobosan inovatif untuk memudahkan akses para anggota SRC untuk saling berbagi ilmu bisnis, mendapat informasi mengenai pembinaan UKM Sampoerna, dan memudahkan proses pengelolaan toko. Peluncuran aplikasi ini juga turut mendukung proses literasi dan infrastruktur berbasis digital pada pengembangan bisnis dan penciptaan peluang.

Sementara itu, "Pojok Lokal" adalah salah satu bentuk nyata dukungan SRC terhadap UKM lokal. Seluruh anggota SRC menerapkan pendekatan usaha demi mendorong ekonomi masyarakat dengan mempromosikan produk UKM lokal di daerah setempat melalui "Pojok Lokal". SRC mengajak masyarakat sekitar untuk berbelanja di toko kelontong yang lebih dekat dari rumah mereka sebagai salah satu upaya mendorong ekonomi kerakyatan di daerah melalui slogan "Berbelanja Dekat Rumah".

Airlangga mengatakan, program ini menunjukkan kepedulian Sampoerna kepada UKM agar dapat berkembang bersama-sama melalui peningkatan kapasitas dan menciptakan ekosistem komersial yang inklusif, yang pada akhirnya mewujudkan kemandirian perekonomian, baik di tingkat daerah maupun nasional.

"Saya menyampaikan apresiasi kepada Sampoerna atas kemitraan antara Industri besar dan UKM yang telah terjalin dengan baik. Semoga pola kemitraan seperti ini bisa menjadi contoh dan dapat semakin ditingkatkan di masa mendatang," kata Airlangga.


Airlangga mengatakan, saat ini Indonesia memiliki kondisi yang baik bagi pelaku UKM untuk tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi triwulan I 2019 tumbuh 5,07% y-o-y lebih tinggi dibandingkan laju ekonomi pada triwulan I 2018 yang sebesar 5,06%. Salah satu yang mendorong pertumbuhan tersebut adalah konsumsi rumah tangga masyarakat yang tumbuh positif.

Penjualan eceran tumbuh 8,10 persen, menguat dibanding triwulan I Tahun 2018. Penguatan antara lain terjadi pada penjualan makanan dan minuman, perlengkapan rumah tangga, dan barang lainnya.

Sementara itu, Direktur Urusan Eksternal Sampoerna, Elvira Lianita, mengatakan, Sampoerna berkomitmen berkontribusi terhadap pengembangan UKM di Indonesia.

"Sampoerna bangga mendukung program pemerintah melalui pembinaan terhadap toko kelontong yang tergabung dalam SRC sebagai bagian UKM Indonesia. Kami berharap dapat terus mendukung SRC untuk berinovasi agar dapat terus meningkatkan daya saing usaha, sehingga mampu menggerakkan roda ekonomi di Indonesia," jelas Elvira Lianita.

(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com