Follow detikFinance Follow Linkedin
Minggu, 26 Mei 2019 17:08 WIB

Rahasia Eksis Bisnis Katering Sahur

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Foto: Rahmi Anjani/Wolipop Foto: Rahmi Anjani/Wolipop
Jakarta - Sepanjang bulan puasa, beragam bisnis musiman bermunculan. Salah satunya adalah bisnis katering yang menyediakan makan sahur.

Bagi yang bingung mau sahur apa, tidak perlu lagi terkantuk-kantuk keluar rumah mencari makanan untuk dibeli. Cukup pilih menu, pesan, sebelum imsak makanan sudah dipastikan datang.


Melihat kemunculan dan eksistensinya yang cukup besar di berbagai tempat, mengapa bisnis ini bisa bermunculan?

Perencana keuangan Finansia Consulting Eko Endarto mengatakan setidaknya ada dua hal yang paling mendasari kemunculan bisnis katering sahur ini. Pertama Eko menyebutkan adanya permintaan yang membentuknya menjadi pasar.

"Pertama pasti karena kebutuhan, karena waktu makan orang sudah berbeda sekarang ya. kalau dulunya (bukan bulan puasa) pagi jam 4 nggak ada yang mau makan sekarang ada banyak," ungkap Eko kepada detikFinance, Minggu (26/5/2019).

"Jadi ada kebutuhan di situ, maka ada pasarnya," simpulnya.


Selain memang pasarnya yang besar, kata Eko sarana yang memadai menjadi alasan lainnya bisnis ini meraih eksistensi. Salah satunya kemajuan teknologi.

"Berikutnya, infrastrukturnya juga memadai dan memungkinkan ya, kayak misalnya Go-Food dan lainnya kan sekarang sudah ada. Jadi infrastrukturnya memungkinkan mereka untuk berjualan di waktu yang nggak umum," jelas Eko.

Eko melanjutkan, memesan makanan sahur dengan katering sahur online memiliki kelebihan berupa minimnya usaha yang dilakukan.

"Cuma kalau katering ini kan jelas kelebihannya dia nggak harus keluar rumah dan keluarkan effort (usaha) lebih, belom kalau bingung milihnya kan, belum ngantuknya juga lho," kata Eko.

Pasalnya memang teknologi pun mendukung bisnis ini eksis kalau kata Eko. Kalau dulu sahur tidak ada makanan biasanya harus keluar mencari makanan, keluar rumah sambil terkantuk-kantuk.


Kini, mau sahur tinggal pilih mau makan apa, dan langsung pesan. Sebelum imsak makanan sudah ada di meja makan.

(dna/dna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed