Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 27 Mei 2019 13:17 WIB

Disentil Buwas soal Izin Impor Bawang Putih, Mendag Jawab Begini

Vadhia Lidyana - detikFinance
Foto: Vadhia Lidyana/detikFinance Foto: Vadhia Lidyana/detikFinance
Jakarta - Perum Bulog mendapat tugas mengimpor 100.000 ton bawang putih. Penugasan ini merupakan hasil keputusan rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Perekonomian.

Masalahnya, Bulog belum mendapat izin impor dari Kementerian Perdagangan. detikFinance pun meminta konfirmasi ke Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita yang berwenang merilis izin impor tersebut.

Apa Jawaban Mendag yang akrab disapa Enggar itu?

"Kalau Anda benar-benar melaksanakan bulan suci Ramadhan, bantulah rakyat bantulah kebersamaan itu, kecuali Anda punya motivasi lain yang tidak sejalan dengan nilai luhur bangsa, kecuali Anda punya nilai luhur lain yang tidak sejalan," tutur Enggar usai membuka bazar Ramadhan di kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Senin (27/5/2019).


Nggak cuma itu, Enggar pun ogah menanggapi kritikan Dirut Bulog Budi Waseso soal izin impor bawang putih yang tak jelas hingga kini. Enggar hanya berkata, "Kamu dari media mana," ujarnya sambil menoleh dengan ekspresi datar dan langsung jalan kembali ke kantornya.

Sebelumnya, pria yang akrab disapa Buwas itu menjelaskan impor bawang putih yang ditugaskan ke Bulog telah dibatalkan Enggar. Menurut Buwas keputusan dari rapat yang dipimpin Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mestinya dipatuhi.

Jika dibatalkan, keputusan itu harus dilakukan melalui rapat yang juga dipimpin oleh Darmin.

"Ada perintah dengan rakortas di bawah menteri koordinator Pak Darmin, diputuskan Bulog diberikan kewenangan untuk impor 100 ribu ton untuk antisipasi sekarang. Kita sudah siap tapi ada pembatalan oleh Mendag, Pak Enggar tiba-tiba nggak boleh, padahal kan nggak boleh gitu," tegas Buwas dalam Blak-blakan detikcom di Gedung Bulog, Jakarta, Selasa (21/5/2019).




Tonton juga video Bea Cukai Lhokseumawe Musnahkan 70 Ton Bawang Ilegal Asal Thailand:

[Gambas:Video 20detik]

(hns/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: promosi[at]detikfinance.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed